• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 14 Agustus 2022

Sosok

Sinta Paramita Sari Santri Duta Aswaja Kudus Raih Beasiswa Santri Berprestasi di Universitas Indonesia 

Sinta Paramita Sari Santri Duta Aswaja Kudus Raih Beasiswa Santri Berprestasi di Universitas Indonesia 
Sinta Paramita Sari santri Duta Aswaja Kudus (Foto: Dok)
Sinta Paramita Sari santri Duta Aswaja Kudus (Foto: Dok)

Kudus, NU Online Jateng
Sinta Paramita Sari, salah seorang santri putri alumni Pesantren Duta Aswaja Kudus raih 'Beasiswa Santri' di Universitas Indonesia tahun 2022. Sinta, sapaan akrabnya sangat bersyukur atas diterimanya di Universitas Indonesia. 


"Alhamdulillah berkah doa dari orang tua, kiai, abah, ustadz-ustadzah, guru, dan orang-orang baik tidak menyangka bisa diterima di salah satu kampus terbaik di Indonesia," terangnya. 


Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2022 merupakan beasiswa khusus untuk santri dari berbagai pesantren yang dibiayai full hingga lulus oleh Kementerian Agama RI. 


Ia menceritakan bahwa terdapat hanya 2 kuota untuk jurusan Kesehatan Masyarakat. "Alhamdulillah saya bersyukur dengan berbagai ribuan pendaftar, akhirnya kami terpilih di Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Masyarakat, Universitas Indonesia. Dan itu hanya 2 kuota santri untuk beasiswa santri berprestasi tersebut," jelas santri kelahiran Kota Ukir Jepara, kepada NU Online Jateng, Jumat (22/7/2022). 


Ia menceritakan bahwa rangkaian seleksi sangat ketat sekali. Kemarin lanjutnya, terdapat beberapa rangkaian seleksi, pertama seleksi berkas dan administrasi, kemudian seleksi test tulis, ketiga test wawancara dan wawasan kebangsaan, dan terakhir seleksi di kampus Simak-UI. Alhamdulillah semuanya bisa dijalani dengan lancar hingga akhirnya bisa lolos sampai tahap akhir. 


Ia berpesan kepada para santri untuk tetap semangat. "Buat para santri, santri adalah hebat, mari tunjukkan bahwa santri bisa, jangan malas, tetap semangat menggapai cita-cita. Mintalah restu kiai, ustadz, dan orang tua," pesannya. 


Menanggapi tersebut, Pengasuh Pesantren Duta Aswaja Kudus KH Moch Tho'at Muhtar sangat bangga atas prestasi ini. "Alhamdulillah kami atas nama Pesantren sangat bangga dari awal pendampingan hingga bisa ada yang lolos, ini merupakan prestasi yang luar biasa," ungkapnya.


Dikatakan, apa yang telah dicapai Sinta merupakan pertama kali dalam sejarah Pesantren Duta Aswaja Kudus ada yang lolos beasiswa Santri Berprestasi dari Kementerian Agama RI. 


"Momentum santri kuliah di perguruan negeri ternama hendaknya bisa menjadi penyemangat para santri-santri lainnya yang saat ini sedang di pondok," ucap Kiai Tho'at yang juga Wakil Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Bae. 


Kiai Thoat sapaan akrabnya berpesan untuk memanfaatkan kesempatan emas dan jaga akhlak santri. "Jangan sia-siakan kesempatan emas ini, gunakan waktu sebaik-baiknya untuk belajar dan mengaji, tetap jaga akhlak santri di manapun berada. Dan buat santri yang lain jangan putus aja, kejarlah cita-cita kalian," pungkas doktor Universitas Negeri Semarang (Unnes). 


Pengirim: Muhammad Alvin Jauhari


Sosok Terbaru