• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 28 Februari 2024

Regional

HARI SANTRI

Peringatan Hari Santri Dimulai, NU Pekalongan Siapkan 9 Kegiatan

Peringatan Hari Santri Dimulai, NU Pekalongan Siapkan 9 Kegiatan
Foto: Ilustrasi (dok)
Foto: Ilustrasi (dok)

Pekalongan, NU Online Jateng
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan pada peringatan Hari Santri 2023 menyiapkan 9 agenda kegiatan yang dimulai hari ini Rabu (18/10/2023) hingga Selasa (24/10/2023).


Ketua PCNU Kota Pekalongan H Muhtarom mengatakan, peringatan Hari Santri tahun 2023 dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selain acara inti berupa apel Hari Santri pada 22 Oktober 2023 di Gedung Aswaja Jalan Sriwijaya 2, pihaknya sudah menyiapkan 8 kegiatan lainnya.


"Total ada 9 agenda kegiatan menyemarakkan Hari Santri tahun 2023 yang dimulai Rabu di Kampus UIN Pekalongan," ujarnya pada rapat koordinasi PCNU Kota Pekalongan, Selasa (17/10/2023) malam.


Disampaikan, kegiatan semarak Hari Santri bakal melibatkan seluruh jajaran NU di semua tingkatan, pesantren, maupun kampus. Selain itu, peringatan Hari Santri akan melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekalongan.


"Misalnya, kajian perempuan yang menghadirkan Ning Imas Lirboyo, Kediri ditempatkan di Aula Pemkot Pekalongan, lomba tahfidh di Aula Kodim 0710/Pekalongan, lomba dai muda di Kampus UIN KH Abdurrahman Wahid," terangnya.
 


Panitia Hari Santri Kota Pekalongan Ilman Nafi menjelaskan, 9 program semarak hari santri yang dihelat kolaborasi PCNU dengan Pemkot Pekalongan yakni ziarah muassis NU, kick off festival hari santri, halaqah perempuan, pembacaan 1 miliar shalawat nariyah, dan halaqah santri.


"Kemudian, apel hari santri lokal dan virtual, pesantren inovatif, istighotsah dan shalawat bersama Grup Hadrah Az-Zahir pimpinan Habib Ali Zainal Abidin Assegaf," ungkapnya.


Dirinya berharap, seluruh agenda yang telah dipersiapkan berjalan dengan lancar dan sukses. "Atas dukungan semua pihak kami sampaikan terima kasih," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony
 


Regional Terbaru