• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 19 April 2024

Regional

SEMARAK RAMADHAN 1443 H

NU Pekalongan: Program 1 Juta Vaksinasi PBNU untuk Bantu Pemerintah

NU Pekalongan: Program 1 Juta Vaksinasi PBNU untuk Bantu Pemerintah
Kegiatan vaksinasi massal di Gedung Aswaja Kota Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)
Kegiatan vaksinasi massal di Gedung Aswaja Kota Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)

Pekalongan, NU Online Jateng
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan H Muhtarom mengatakan, program 1 juta vaksinasi yang sedang berlangsung selama 3 hari secara serentak seluruh Indonesia merupakan program Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) RI dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).


"Jadi karena ini mengejar target membantu masyarakat khususnya yang mau mudik lebaran 1443 Hijriah harus sudah vaksin booster, maka PBNU melalui cabang-cabang NU se-Indonesia menggelar acara vaksinasi serentak," ujarnya, Kamis (21/4) di Pekalongan.


Dikatakan, untuk Kota Pekalongan sendiri berlangsung selama 3 hari dari tanggal 21-23 April 2022 mulai jam 19.30 sampai selesai di Gedung Aswaja, Jalan Sriwijaya 2 dengan melibatkan tim dokter dari Polres Pekalongan Kota dan disupport Kemenag.


"Alhamdulillah dengan dibantu Kemenag dan Polres Pekalongan Kota acara berjalan dengan lancar, masyarakat banyak yang memanfaatkan dan pada hari pertama ada 147 peserta yang mengikuti vaksinasi 1, 2 maupun booster," terangnya.


Disampaikan, kegiatan masih akan terus berlangsung hingga Sabtu malam dan pihaknya telah menyediakan sejumlah doorprize kepada peserta yang beruntung yang akan diumumkan pada hari terakhir kegiatan vaksinasi.


"Sekecil apapun peran NU, Kemenag, dan Polres setidaknya bisa membantu program pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 dengan cara menggelar vaksinasi," ucapnya.




PCNU Kota Pekalongan gandeng Polres dan Kemenag gelar vaksinasi massal di Gedung Aswaja, Jalan Sriwijaya 2, Kota Pekalongan (Foto: M Ngisom Al-Barony)


Kepala Kantor kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Pekalongan KH Kasiman Mahmud Desky kepada NU Online Jateng di sela-sela acara vaksinasi menjelaskan, program vaksinasi khususnya booster untuk membantu masyarakat agar bisa mudik dengan lancar.

"Untuk kelancaran kegiatan, kami sudah melakukan koordinasi dengan beberapa kemenag di sekitar Pekalongan, PCNU, dan Polres dan Alhamdulillah masyarakat menyambut dengan antusias mengikuti vaksin," ucapnya.


Dirinya berharap, program kolaborasi dengan berbagai mitra kemenag terus dapat dilanjutkan dengan kegiatan lain, sehingga kebersamaan menjadi hal yang utama untuk meningkatkan soliditas dan kemajuan Kota Pekalongan.


"Saya sangat mendukung program-program semacam ini, karena hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," ungkapnya.


Wakil Kepala kepolisian Resor (Wakapolres) Pekalongan Kota Kompol Anggara Rustamyono menjelaskan, Polres Pekalongan Kota menyiapkan tim dari Doktes Kesehatan (Dokkes) sebagai petugas vaksinator. 


“Malam ini kita siapkan tiga vaksinator. Kalau misalkan peserta bertambah, akan kita tambah pula jumlah petugasnya. Terkait dengan stok vaksin, di Polres mencukupi. Kami imbau untuk warga masyarakat yang belum ikuti vaksinasi, ayo segera vaksin,” imbuhnya.


Mewakili jajaran Polres Pekalongan Kota menyampaikan terima kasih telah dilibatkan dalam realisasi program PBNU 1 Juta vaksinasi. "Semoga kerja sama yang baik ini bisa diteruskan untuk kegiatan yang positif di Kota Pekalongan," pungkasnya


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Regional Terbaru