• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 28 Februari 2024

Regional

HARI SANTRI

Awali Peringatan Hari Santri 2023, PCNU Kota Pekalongan Gelar Ziarah

Awali Peringatan Hari Santri 2023, PCNU Kota Pekalongan Gelar Ziarah
Kegiatan ziarah ke makam KHM Amir idris di Banyurip Ageng, Kota Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)
Kegiatan ziarah ke makam KHM Amir idris di Banyurip Ageng, Kota Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)

Pekalongan, NU Online Jateng
Mengawali kegiatan peringatan Hari Santri 2023, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan menggelar acara ziarah ke makam KH Muhammad Amir bin Idris di Pemakaman Banyurip Ageng, Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan.


Wakil Katib PCNU Kota Pekalongan Kiai Ibnu Umi Makhtum mengatakan, kegiatan ziarah pada peringatan Hari Santri 2023 hanya dilakukan ke makam almaghfurlah KH Amir Idris yang juga menantu KH Soleh Darat Semarang.


"Kiai Amir Idris merupakan tokoh penting di awal berdirinya NU di Pekalongan," ujarnya.


Disampaikan, Kiai Amir salah satu guru guru ulama yang ada di Indonesia yang pernah menjadi juru tulisnya Syekh Mahfudz At-Tarmasi Pacitan, Jawa Timur. "Dalam menjalani dakwahnya, Mbah Kiai Amir memilih wilayah Simbang Kulon, Kabupaten Pekalongan sampai akhir hayatnya.


Salah satu santri Mbah Amir lanjutnya, adalah KH Mahrus Aly yang dijadikan menantu Pengasuh Pesantren Lirboyo, Kediri yakni KH Marzuqi. "Salah satu teman mondok Kiai Mahrus Aly yang sangat terkenal dengan nama 'De Asmuni' petani dan tukang ngarit yang selalu menjadi rujukan setiap ada kegiatan bahtsul masail," ucapnya.


Dirinya berharap, kegiatan ziarah bisa menjadi motivasi dalam memperingati Hari Santri 2023 khususnya di Kota Pekalongan. 
 


Wakil Sekretaris PCNU Kota Pekalongan Abdul Adhim menjelaskan, kegiatan ziarah merupakan kegiatan tambahan dari Pengurus Besar Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam acara peringatan Hari Santri tahun 2023.


"PCNU Kota Pekalongan sebelumnya telah menyiapkan beberapa agenda peringatan Hari Santri 2023. Namun karena ada instruksi dari PBNU agar peringatan hari santri ada tambahan kegiatan ziarah, maka kita laksanakan," pungkasnya.


Berikut agenda peringatan Hari Santri 2023 di Kota Pekalongan:


Rabu - Kamis, 18-19 Oktober 2023
Kick Off Festival Hari Santri Kota Pekalongan 2023 dan Lomba Santri di Kampus I UIN Gus Dur Pekalongan. Ada 6 cabang lomba di antaranya:  (a) Liga Santri Futsal, (b) Karya Tulis Ilmiyah, (c) Lomba Tahfidh al-Qur'an, (d) Lomba Msabaqah Qiraatul Kutub (MQK), (e) Lomba Da'i, dan (f) Lomba Pujian Jawa


Jumat, 20 Oktober 2023
Seminar Nasional Perempuan Pesantren di Ruang Jlamprang Setda Kota Pekalongan. Hadir sebagai Narasumber Ning Imas Fatimatuzzahto dari Lirboyo Kediri, Jawa Timur, dr Nur Ba'ah, Sp.OG, dan Ketua PKK Kota Pekalongan Hj Inggit Soraya Afzan Djunaid sebagai Keynote Speaker.


Sabtu, 21 Oktober 2023
Khatmil Qur'an dan Halaqah Pesantren: santri, kiai, dan cendekiawan di Gedung Aswaja Kota Pekalongan dengan narasumber Ketua PBNU KH Ulil Absar Abdalla, Wakil Ketua Lesbumi PBNU Zastrow Al-Ngatawi, dan Rektor UIN KH Abdurrahman Wahid Prof H Zaenal Mustakim.


Ahad, 22 Oktober 2023
Apel Hari Santri 2023 di Halaman Gedung Aswaja Kota Pekalongan bersama Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, Ketua PCNU Kota Pekalongan H Muhtatom, beserta santri, kiyai dan siswa madrasah se-Kota Pekalongan.


Senin, 23 Oktober 2023
Pesantren Inovatif 2023 yang dilakukan dalam rangka asistensi pesantren dari aspek administrasi, kurikulum, kegiatan, dan kemandirian pesantren.


Selasa, 24 Oktober 2023
Istighotsah dan santri bershalawat bersama Az-Zahir Habib Ali Zainal Abidin Assegaf, pengasuh pesantren, PCNU bersama Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Forkopimda Kota Pekalongan di Lapangan Peturen, Tirto.  


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Regional Terbaru