• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 19 April 2024

Regional

NU Kota Pekalongan Gelar Pengobatan Gratis, Wali Kota: Saya Salut dengan NU

NU Kota Pekalongan Gelar Pengobatan Gratis, Wali Kota: Saya Salut dengan NU
Wali Kota Pekalongan H Afzan Arslan Junaid (baju putih) saat meninjau pengobatan gratis massal di Ranting NU Landungsari (Foto: NU Online jateng/M Ngisom Al-Barony)
Wali Kota Pekalongan H Afzan Arslan Junaid (baju putih) saat meninjau pengobatan gratis massal di Ranting NU Landungsari (Foto: NU Online jateng/M Ngisom Al-Barony)

Pekalongan, NU Online Jateng
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan kembali menggelar kegiatan sosial berupa pengobatan gratis massal di Ranting NU Landungsari, Kecamatan Pekalongan Timur pada Jumat (7/1).


Ketua PCNU Kota Pekalongan H Muhtarom mengatakan, program sosial kemasyarakatan wujud komitmen NU hadir di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, NU tidak saja mengerjakan program keagamaan saja, tetapi program-program lainnya yang didukung oleh puluhan perangkat organisasi.


"Dengan 18 lembaga sebagai perangkat organisasi yang dimiliki, NU memberikan pelayanan baik kepada warga NU maupun masyarakat umum. Salah satunya yang dilakukan oleh Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) berupa pengobatan gratis ini," ujarnya.


Dirinya atas nama PCNU Kota Pekalongan mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota pekalongan, NU Ranting Landungsari, dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan yang sangat mulia ini.


"Tentu kami berharap, kerja-kerja sosial semacam ini terus mendapat dukungan dari stakeholder untuk mendukung kesehatan warga di Kota Pekalongan," ucapnya.




Wali Kota Pekalongan H Afzan Arslan Junaid (Foto: M Ngisom Al-Barony)


Wali Kota Pekalongan H Afzan Arslan Junaid mengucapkan terima kasih atas peran NU Kota Pekalongan yang selama ini terus mendukung program pemerintah dalam bidang kesehatan. Dirinya berharap kegiatan sejenis ini terus dapat dilakukan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan dan Pemerintah Kota Pekalongan siap mensupport.


"Mewakili Pemkot Pekalongan, saya salut atas kiprah NU menggelar kegiatan bakti sosial berupa pengobatan massal dan vaksinasi. Apa yang telah dilakukan PCNU adalah bentuk dukungan kepada pemerintah untuk menyehatkan masyarakat," terangnya.


Baca juga:

NU Kota Pekalongan Bakal Gelar Pengobatan Massal Sumber: https://jateng.nu.or.id/regional/nu-kota-pekalongan-bakal-gelar-pengobatan-massal-W2wjZ


Ketua PC LKNU Kota Pekalongan Agus Rifqi menjelaskan, ada 4 jenis pelayanan kesehatan pada pengobatan di Ranting NU Landungsari yakni pengobatan medis berupa pemeriksaan umum kesehatan dan vaksinasi yang ditangani oleh tim dokter dari Dinas Kesehatan dan pengobatan non medis berupa bekam dan ruqyah aswaja oleh tim kesehatan NU.


"Alhamdulillah antusias masyarakat cukup tinggi di kampung padat penduduk ini. Hingga akhir acara ada 150 pasien medis, 33 pasien ruqyah, 36 pasien bekam, dan puluhan warga vaksinasi yang rata-rata vaksin tahap kedua," ucapnya.


Disampaikan, selain Wali Kota menghadiri kegiatan pengobatan gratis, juga mengukuhkan paguyuban canting batik dan penyerahan sembako kepada paguyuban pedagang antar sekolah secara simbolis.


Dirinya mengucapkan terima kasih kepada para relawan kesehatan NU dan tim medis dari Pemkot Pekalongan. Semoga di lain kesempatan bisa menjalin kerja sama lagi.


"Hadir pula Wakil Wali Kota Pekalongan H Salahudin, Camat Pekalongan Timur, Lurah Landungsari, Rais PCNU Kota Pekalongan KH Romadhon Abdul Jalil dan undangan lainnya," pungkasnya.

 

Penulis: M Ngisom Al-Barony
Editor: Samsul Huda


Regional Terbaru