• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Taushiyah

Kesempatan Emas Raih Ampunan di Bulan Ramadhan

Kesempatan Emas Raih Ampunan di Bulan Ramadhan
Foto: Ilustrasi (nu online)
Foto: Ilustrasi (nu online)

Ada orang yang sedang melakukan dosa tapi tidak merasa kalau dirinya sedang melakukan dosa lalu menganggapnya sebagai hal biasa tanpa ada sedikitpun beban yang dirasa. Di sisi lain ada orang yang melakukan dosa dan merasa kalau dirinya telah melakukan dosa tapi tidak mau meminta ampunan, begitu juga ada orang yang melakukan dosa dan merasa kalau dirinya telah melakukan dosa lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya. 

   
Ramadhan adalah bulan maghfirah, artinya ramadhan merupakan kesempatan emas untuk meraih ampunan (melebur dosa), maka barangsiapa yang memohon ampunan kepada Allah SWT, niscaya Allah akan mengampuni meski dosa yang dimohonkan ampunan itu sebanyak buih yang mengambang di lautan. 

   
Jadikanlah sepertiga malam yang akhir untuk berdoa, meminta, dan memohon ampunan kepada Allah SWT, karena barang siapa yang berdoa di sepertiga malam yang akhir akan dikabulkan, siapa yang meminta akan diberi dan siapa yang memohon ampunan akan diampuni. 


Hadits nabi:


عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِيْنَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُوْلُ مَنْ يَدْعُوْنِيْ فَأَسْتَجِيْبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِيْ فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِيْ فَأَغْفِرَ لَهُ


Artinya:
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Tuhan kami (Allah) tabaraka wa taala turun ke langit dunia setiap malam ketika sepertiga malam yang terakhir seraya berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampun kepada-Ku, maka akan Aku ampuni. (HR Bukhari dan Muslim)


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru