• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 14 Agustus 2022

Taushiyah

Apa Jadinya Jika Manusia Tanpa Ilmu dan Akhlak?

Apa Jadinya Jika Manusia Tanpa Ilmu dan Akhlak?
KH Ahmad Niam Syukri Masruri
KH Ahmad Niam Syukri Masruri

Seorang ahli hikmah berkata, "Siapa pun yang tidak memiliki ilmu dan akhlak mulia adalah seperti anak yatim piatu yang kehilangan kedua orang tuanya."

 

Orang yang tidak memilik ayah dan ibu (kehilangan kedua orang tuanya) akan gontai hidupnya dan tidak memiliki tongkat yang mampu membimbing arah jalannya. Begitulah gambaran orang yang tidak berilmu dan tidak memiliki akhlak yang luhur.

 

Orang berilmu yang tidak memiliki akhlak mulia (luhur) bisa-bisa hidupnya ngawur, mengapa? Karena dengan tidak dimiliki akhlak mulia semua tatanan gampang diterjang. Sebaliknya, orang berakhlak namun tidak berilmu akan mudah tertipu.

 

Beruntunglah orang yang berilmu dan berakhlak mulia, karena dengan keduanya dia akan terangkat derajatnya.

 

Allah berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Mujadilah Ayat 11 :

 

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا قِيۡلَ لَـكُمۡ تَفَسَّحُوۡا فِى الۡمَجٰلِسِ فَافۡسَحُوۡا يَفۡسَحِ اللّٰهُ لَـكُمۡ‌ ۚ وَاِذَا قِيۡلَ انْشُزُوۡا فَانْشُزُوۡا يَرۡفَعِ اللّٰهُ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا مِنۡكُمۡ ۙ وَالَّذِيۡنَ اُوۡتُوا الۡعِلۡمَ دَرَجٰتٍ ‌ؕ وَاللّٰهُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِيۡرٌ

 

Artinya :
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis," maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu," maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan. (QS Al-Mujadilah : 11)

 

 

KH Ahmad Niam Syukri Masruri, Ketua Lembaga Kajian Informasi dan Dakwah (Elkid), Ketua PW GP Ansor Jateng tahun 1995, dan Sekretaris RMINU Jateng


Taushiyah Terbaru