• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 28 Februari 2024

Regional

PCNU Pekalongan Apresiasi Gelar Karya Pelajar SD Islam Nusantara

PCNU Pekalongan Apresiasi Gelar Karya Pelajar SD Islam Nusantara
Kegiatan market day SD Islam Nusantara Kota Pekalongan (Foto: Dok)
Kegiatan market day SD Islam Nusantara Kota Pekalongan (Foto: Dok)

Pekalongan, NU Online Jateng
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan H Muhtarom apresiasi kegiatan yang dihelat Sekolah Dasar (SD) Islam Nusantara berupa 'Gelar Karya dan Fashion Show' dari bahan-bahan bekas.


"Saya sangat mendukung kegiatan bernuasa peduli lingkungan yang dihelat pelajar SD Islam Nusantara. Ini sebagai bukti bahwa persoalan lingkungan harus diajarkan sejak dini kepada generasi penerus bangsa," ujarnya.


Disampaikan, persoalan lingkungan menjadi perhatian serius bagi NU. Terutama di Kota Pekalongan yang tidak berhenti mengajak kepada masyarakat untuk tidak abai. Warga NU di kawasan pesisir menjadi masyarakat terdampak terhadap rob dan banjir. Meski diakui pemerintah terus berupaya untuk menanggulanginya.


"Peran masyarakat sangat dibutuhkan dan SD Islam Nusantara telah memulai dengan memanfaatkan barang-barang bekas atau limbah menjadi karya yang luar biasa dan ini layak ditiru oleh sekolah-sekolah yang bernaung di bawah NU," ucapnya.
 


Ketua Yayasan Sekolah Islam Nusantara H Masykur Suja kepada NU Online Jateng, Kamis (23/11/2023) menjelaskan, gelaran hasil karya anak-anak SD Islam Nusantara sebagai realisasi dari pelaksanaan kurikulum merdeka.


"Alhamdulillah keluarga besar SD Islam Nusantara berhasil merealisasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan menggelar karya dan fashion show dari bahan-bahan bekas," terangnya.
 


Menurutnya, apa yang dilakukan anak-anak adalah bagian dari wujud mendukung pemerintah menyiapkan generasi mendatang untuk menjadi wirausaha yang peduli lingkungan yakni termasuk adanya market day tanpa plastik.


"Insyaallah dalam kesempatan mendatang kami akan terus mengkampanyekan pentingnya peduli lingkungan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik agar lingkungan semakin bersih dan sehat," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Regional Terbaru