• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 19 April 2024

Regional

Lakpesdam NU Klaten Gelar Mitigasi Bencana dengan Tanam Pohon

Lakpesdam NU Klaten Gelar Mitigasi Bencana dengan Tanam Pohon
Aksi peduli lingkungan dengan bersih-bersih sungai oleh SDIT Ta'limul Qur'an Sudimoro, Klaten bersama Lakpesdam NU (Foto: NU Online Jateng/Eko Priyanto)
Aksi peduli lingkungan dengan bersih-bersih sungai oleh SDIT Ta'limul Qur'an Sudimoro, Klaten bersama Lakpesdam NU (Foto: NU Online Jateng/Eko Priyanto)

Klaten, NU Online Jateng
Pengurus Lembaga Kajian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU Klaten bersama SDIT Ta’limul Qur’an Sudimoro, Puluhan, Trucuk, Klaten menggelar Ratibul Hadad Akbar, Climate Change School di SDIT Ta’limul Qur’an dan aksi tanam 100 pohon, sungai bersih di Desa Gaden, Kecamatan Trucuk.


Ketua Lakpesdam NU Klaten M Nuryadin Edi Purnomo mengatakan, kegiatan yang diprakarsai oleh Lakpesdam NU bekerja sama dengan SDIT  Ma’arif NU Ta’limul Qur'an  dilaksanakan pada Rabu (8/2/2023)  merupakan bentuk respons dan komitmen NU dalam mengkampanyekan agenda adaptasi dan mitigasi terhadap ancaman perubahan iklim. 


"NU juga memiliki potensi strategis dalam mengedukasi masyarakat bagaimana merawat alam hidup berdampingan dengan lingkungan secara harmoni," ujarnya. 


Kepada NU Online Jateng, Ahad (12/2/2023) pria yang akrab dipanggil Mas Jojon menyampaikan, ke depan NU melalui pemerintah di level daerah sampai desa harus lebih konkret memastikan program atau kebijakan yang ramah lingkungan.


"Hal ini agar tercipta keadilan ekologis untuk keberlanjutan kehidupan di bumi. Kita juga akan mendorong setiap event-event kegiatan yang diinisiasi NU diharuskan ada aksi tanam pohon walau satu atau dua buah termasuk kegiatan cinta sungai," ucapnya.





Kepala SDIT Ma’arif NU Ta’limul Qur’an Alvian menjelaskan, pihaknya tidak hadir dalam  resepsi 1 Abad NU di Sidoarjo tetapi merefleksikan dengan kegiatan lain dengan isu strategis.


"Walaupun kami tidak hadir di perayaan 1 Abad NU di Sidoarjo, tetapi kami bersama Lakpesdam NU Klaten membuktikan tetap ikut menyambut abad ke-2 NU dengan mengadakan acara yang berkaitan isu strategis seperti masalah lingkungan," ucapnya.





Disampaikan, dalam isu strategis tersebut siswa diperkenalkan dengan perubahan iklim dan kepekaan dengan lingkungan. "Di tingkat murid kelas 1,2 dan 3 dengan materi kelas pengenalan perubahan iklim, kebersihan lingkungan, praktik tanam bibit sayuran dan untuk siswa kelas 4,5 dan 6 aksi tanam 100 pohon dan bersih sungai di Desa Gaden, Trucuk," pungkasnya.


Hadir dalam kegiatan aksi tanam 100 pohon bersama di antaranya Camat Trucuk Rabiman, Kadis Lingkungan Hidup Klaten Supriyono, Kapolsek Trucuk, Danramil Trucuk, dan Lurah Desa Gaden Partinah. Selain itu tampak pula Banser, Ansor Ranting Gaden, Staff Guru SDIT Ma’arif Ta’limul Qur’an dan seluruh pengurus Lakpesdam NU Klaten.


Pengirim: Eko Priyanto


Regional Terbaru