• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Nasional

Unisma Kerahkan Alumni Sukseskan Realisasi Program Kerja Sama dengan PWNU Jateng

Unisma Kerahkan Alumni Sukseskan Realisasi Program Kerja Sama dengan PWNU Jateng
Unisma jalin kerja sama dengan PWNU Jateng (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
Unisma jalin kerja sama dengan PWNU Jateng (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Semarang, NU Online Jateng 
Universitas Islam Malang (Unisma) akan mengerahkan para alumninya untuk mendukung realisasi program kerja sama yang dirancang bersama Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah.


Rektor Unisma Prof Masykuri mengatakan, para alumni Unisma yang saat ini juga tersebar di berbagai daerah di Jateng akan dimobilisasi untuk berkhidmah kepada masyarakat melalui NU, baik menjadi pengurus maupun tidak menjadi pengurus.


"Kepada alumni Unisma di Jateng saya perintahkan untuk menjadi bagian dari realisasi program kerja sama antara Unisma dengan PWNU Jateng," kata Prof Masykuri di Semarang.


Prof Masykuri mengatakan hal itu saat menyampaikan sambutan dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unisma dengan PWNU Jateng, di Gedung NU Jateng Jl dr Cipto 180 Semarang, Rabu (8/6).


Disampaikan, setelah penandatanganan MoU hendaknya segera ditindaklanjuti dengan berbagai realisasi program. Kalau saat ini yang sudah siap dilaksanakan baru di bidang pendidikan, pertanian, dan ekonomi. Maka dalam waktu dekat segera diperluas ranah kerjasamanya.


"Unisma, oleh para muassis selain disiapkan untuk mencerdaskan anak bangsa sekaligus berkhidmah kepada masyarakat terutama nahdliyin lintas batas dan waktu, termasuk kerja sama yang dilakukan dengan PWNU Jateng," terangnya.





Dia menambahkan, kerja sama dengan PWNU Jateng terasa istimewa dalam waktu bersamaan disepakati MoU dan kerja sama di ranah teknis yang akan disusul dengan rencana realisasinya.


Kolaborasi seperti inilah ujarnya, yang dikehendaki Unisma, karena senada dengan tagline yang diusung yakni 'Khidmah Unisma Untuk Peradaban Dunia'. Tagline ini memicu terbangunnya interaksi positif dengan siapa saja, termasuk dengan PWNU Jateng.


"Selain potensi yang ada di dalam kampus untuk mensukseskan kerja sama ini, potensi alumni di luar kampus juga kami libatkan, seperti saat ini, puluhan alumni Unisma turut hadir di majelis ini. Mereka bersiap menjadi bagian dari realisasi kerja sama," kata Masykuri.


Rais PWNU Jateng KH Ubaidullah Shodaqoh berterima kasih kepada Unisma yang mengerahkan potensinya dalam kerja sama ini, termasuk akan mengerahkan potensi alumni yang berada di Jawa Tengah.


Menurutnya, memang saat ini belum ada data kongkrit alumni Unisma yang terlibat dalam kepengurusan NU di Jateng, namun di tubuh PWNU Jateng ada beberapa alumni Unisma demikian juga di cabang, MWC, dan ranting.


"Kepada alumni Unisma yang hadir pada acara pada hari ini, kami sampaikan bahwa anda semua hari ini sedang ditengok bapak kalian untuk mengetahui apa yang kalian kerjakan. PWNU Jateng berterima kasih dan bangga kalau kalian siap memenuhi panggilan untuk berkhidmah bersama dengan Nahdliyin di Jateng," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Nasional Terbaru