• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 9 Desember 2022

Nasional

PWNU Jateng Ajak Umat Islam Syiarkan Ramadhan dengan Sukacita 

PWNU Jateng Ajak Umat Islam Syiarkan Ramadhan dengan Sukacita 
Foto: Ilustrasi (nu online jateng)
Foto: Ilustrasi (nu online jateng)

Semarang, NU Online Jateng
Warga Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Tengah diharapkan mensyiarkan bulan ramadhan dengan perasaan sukacita dan berbagai kegiatan dan amalan di tengah-tengah menjalankan ibadah puasa yang menjadi salah satu rukun Islam


Katib Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH Munif Abdul Muchit mengatakan, meski harus menahan lapar dan haus pada sepanjang hari selama bulan ramadhan, namun hal itu jangan dirasakan sebagai beban.


"Tetapi kewajiban itu harus disikapi sebagai sebuah kenikmatan dari Allah SWT yang diberikan kepada hamba-Nya dan harus disyukuri dan disambut dengan sukacita," kata kiai Munif di Semarang, Kamis (31/4) 


Disampaikan, bagi Nahdliyin yang setiap hari mendapat bimbingan dari para kiai mensyiarkan bulan ramadhan itu sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging melalui berbagai aktivitas yang mengandung berbagai dimensi, mulai dari spiritual, sosial, pendidikan, dan sebagainya.


"Selain ibadah tarawih, aktivitas tadarus Al-Qur'an, qiyamul lail, ngaji posonan, sedekah takjil jelang berbuka puasa, sahur bersama, dan sebagainya telah menjadi rutinitas bagi Nahdliyin setiap ramadhan tiba," terangnya.


Namun demikian lanjutnya, serangkaian aktivitas itu hendaknya dijalankan dengan wajar dan jangan berlebihan, misalnya dalam menggunakan pengeras suara di sentra-sentra aktivitas seperti masjid, mushala, majelis taklim, dan pesantren hendaknya disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada.


Dengan demikian ujarnya, syiar ramadhan benar-benar bisa diresapi dan mendatangkan kebahagiaan lahir batin, tidak sebaliknya malah mengganggu ketenangan masyarakat.


"Saya rasa para kiai NU di masyarakat dan pengasuh pesantren-pesantren sudah menyiapkan berbagai kegiatan untuk mensyiarkan ramadhan, warga tinggal mengikuti saja," tuturnya.


Ketua Pengurus Wilayah Lembaga Dakwah NU Jateng KH Adji Nugroho mengatakan, menyongsong hadirnya ramadhan para mubaligh NU sudah mensosialisasikan berbagai upaya agar dapat menikmati indahnya ramadhan mulai sejak bulan Rajab dan Sya'ban.


"Kepada semuanya, LDNU Jateng menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan, semoga kita semua mendapat keberkahan yang melimpah dari kemulyaan bulan ramadhan," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Nasional Terbaru