• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 14 Agustus 2022

Regional

NU Jateng Minta Perguruan Tinggi di Lingkungan NU Bersinergi

NU Jateng Minta Perguruan Tinggi di Lingkungan NU Bersinergi
Ketua PWNU Jateng, HM Muzamil (Foto: Dok)
Ketua PWNU Jateng, HM Muzamil (Foto: Dok)

Semarang, NU Online Jateng
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng HM Muzamil meminta perguruan tinggi di lingkungan NU di Jawa Tengah khususnya untuk bisa saling bersinergi dan kolaborasi.


"Meskipun kepengurusan NU setiap lima tahun ada penyegaran sesuai dengan ketentuan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, namun secara organisasi  kita telah membentuk sistem kerja yang baik dan berkelanjutan, sehingga sinergi antar lembaga pendidikan tinggi dapat berjalan sesuai program yang dicanangkan," ujarnya.


Hal itu disampaikan Ketua PWNU Jateng dalam pembukaan acara 'Sosialisasi Lembaga Akreditasi Mandiri (LAN) LPTNU Jateng' secara online pada Kamis (20/1).


Pihaknya juga berharap selain pendidikan tinggi harus merujuk pada standar secara nasional, pendidikan tinggi di lingkungan Nahdliyin juga perlu merumuskan standar secara internal, khususnya dalam penguatan aqidah ahlussunah wal jama'ah atau Aswaja. 


"Sebagaimana kita fahami bahwa aqidah aswaja bukan semata-mata merupakan sistem keyakinan, melainkan di dalamnya juga ada metodologi berpikir atau manhajul fikr, amaliyah, dan harakah atau gerakan. Ini perlu menjadi pegangan bersama agar mahasiswa kita dapat mencari jalan keluar terbaik atas persoalan yang dihadapi di masyarakat," tegasnya.


Menurutnya, penggunaan aswaja sebagai metodologi berpikir tetap relevan, karena semua persoalan yang ada tidak cukup didekati secara positivistik. "Masih diperlukan pendekatan lainnya agar masalah yang muncul di permukaan dapat dicari akar masalahnya dengan komprehensif," bebernya.


Selain itu, dirinya berharap agar ada upaya peningkatan kapasitas kelembagaan, selain peningkatan kapasitas personal sumberdaya manusia. "Kedua hal ini tidak berdiri sendiri, melainkan terdapat keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan," ucapnya.


Ketua Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Jawa Tengah Prof Mudzakir Ali kepada NU Online Jateng menyampaikan, perlunya pendidikan tinggi yang bernaung di bawah LPTNU Jateng untuk bersinergi dalam peningkatan mutu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.


"Kami terus mendorong pendidiksn tinggi di lingkungan NU untuk terus menerus meningkatan kapasitas kolaborasi agar semakin kuat," pungkasnya.


Pengirim: Insan Al-Huda
Editor: M Ngisom Al-Barony


Regional Terbaru