• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Dinamika

Ranting NU Kwarasan Klaten Gelar Sosialisasi Keluarga Maslahat

Ranting NU Kwarasan Klaten Gelar Sosialisasi Keluarga Maslahat
Kegiatan sosialisasi keluarga maslahat di Ranting NU Kwarasan, Juwiring, Klaten (Foto: NU Online Jateng/Eko)
Kegiatan sosialisasi keluarga maslahat di Ranting NU Kwarasan, Juwiring, Klaten (Foto: NU Online Jateng/Eko)

Klaten, NU Online Jateng
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kwarasan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten menggelar sosialisasi keluarga masalahat di rumah Sukirman pada Rabu (15/11/2023).
 

Wakil Ketua Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Juwiring Kiai Supriyadi mengatakan, Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU) adalah program dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang disukseskan.


"Organisasi NU ingin membangun peradaban yang lebih baik yang dimulai dari kelompok terkecil yakni keluarga yang utamanya adalah calon–calon pengantin untuk membangun keluarga sakinah, mawadah, rahmah, dan maslahat," ujarnya. 


Disampaikan sebagai Ketua Satgas GKMNU Juwiring dirinya berupaya memaksimalkan program GKMNU dengan tahap awal  ke 9 ranting NU yakni Carikan, Tlogorandu, Ketitang, Kwarasan, Jetis, Sawahan, Juwiran, dan Bulurejo.  


Ketua PRNU Kwarasan Hartoro menyampaikan terima kasih atas amanat pilot project GKMNU. "Sosialisasi  GKMNU yang diembankan kepada kami dan terlaksana dibarengkan dengan agenda rutinan bulanan  pertemuan ranting," ungkapnya.


Kepada NU Online Jateng, Selasa (21/11/2023) Sekretaris PRNU Kwarasan, Sahlan Dul Mukti menjelaskan, agenda rutinan pertemuan bulanan PRNU dibagi atas 6 kelompok baik  perwilayah dusun atau perorangan yang mendapat giliran untuk ketempatan.


“Alhamdulillah agenda rutinan bulanan PRNU Kwarasan sudah berjalan 64 kali pertemuan dan sebagai penyemangat kehadiran diberikan door prize berupa sembako uang tunai dari Mutasyar PRNU Ruslan Rosidi,”ucapnya.


Kiai Nur Ali Husni  dalam ceramahnya menyampaikan  pokok – pokok materi tentang keluarga maslahat, Rasulullah bersabda: “Nikah adalah sunnahku (tuntunanku). Maka barang siapa yang tidak suka dengan sunnahku (itu) bukanlah dia dari golonganku”


Menurutnya, teman dalam keluarga maslahat adalah menjadikan keluarga sakinah, mawadah warahmah dengan menerapkan nilai-nilai Aswaja yakni tasamuh, tawazun, tawasuth, dan i’tidal,” pungkasnya.


Kontributor: Eko Priyanto


Dinamika Terbaru