• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Kamis, 23 Mei 2024

Dinamika

PMII Pekalongan Gelar Pelatihan Instruktur untuk Perkuat Kaderisasi

PMII Pekalongan Gelar Pelatihan Instruktur untuk Perkuat Kaderisasi
Kegiatan pelatihan instruktur PC PMII Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Nur Abidah)
Kegiatan pelatihan instruktur PC PMII Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Nur Abidah)

Pekalongan, NU Online Jateng
Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pekalongan adakan Pelatihan Instruktur Cabang (PIC) untuk memperkuat kaderisasi formal Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) selama 2 hari 1 malam, pada Sabtu-Ahad (11-12/5/2024 di Pusdiklat Kota Pekalongan. 


Ketua PC PMII Pekalongan Izzul Haq mengatakan, pelatihan instruktur untuk melahirkan pendamping sekaligus pembimbing adik-adik yang baru masuk ke PMII melalui Mapaba.


"Para instruktur yang sudah ikut pelatihan nantinya diharapkan bisa mengaktualisasikan nilai-nilai kaderisasi. Nilai yang hidup di tiap ruang kaderisasi informal sebagai ciri budaya organisasi. Melalui pelatihan ini juga sebagai upaya membentuk kader PMII Pekalongan yang berdaya sanding," ujarnya.


Disampaikan, tujuan Pelatihan Instruktur untukmencetak calon instruktur yang memiliki kecakapan dalam pengelolaan pelatihan kaderisasi di PMII. 


"Pengkaderan di PMII harus diformulasikan secara sistematis dan terencana, mengandung esensi dalam rangka memformulasikan tahapan dari masing-masing jenjang kaderisasi atas kerangka pijakan yang jelas," ucapnya.
 


Penanggung jawab kegiatan Kurniawan Widiyantoko menjelaskan, kegiatan pelatihan instruktur sebagai upaya awal PMII Pekalongan untuk mempersiapkan mahasiswa baru menjadi anggota PMII. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencapai kader yang berkualitas.


"Oleh karena itu diperlukan formulasi dalam sistem kaderisasi di PMII yang mampu menyatu dengan lingkungan yang terus berubah. Melalui pengkaderan berjenjang di PMII sebagai bentuk tanggung jawab organisasi di tingkat mahasiswa," ungkapnya.


Dikatakan, pelatihan instruktur diikuti 15 peserta dari rayon dan komisariat di bawah naungan PC PMII Pekalongan. Sebelum hari pelaksanaan lanjutnya, PMII Pekalongan telah mempersiapkan rangkaian agenda yang wajib diikuti oleh peserta. 


"Agenda pertama yakni observasi ke sekolah. Maksud agenda tersebut ialah agar calon instruktur melihat bagaimana seorang guru mengkondisikan kelas, berkomunikasi dengan siswa, memahami tipologi siswa, dan model pembelajaran yang diterapkan," terangnya.


Terdapat 5 materi yang disampaikan dalam pelatihan instruktur, di antaranya public speaking, teknik diskusi dan ice breaking, pengelolaan dan pengorganisasian pelatihan, keinstrukturan, dan teknik review evaluasi pelatihan.  


Pengirim: Nur Abidah, Ihza Maulana


Dinamika Terbaru