• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Dinamika

Jalin Keakraban, Pelajar NU Tegalkubur Tegal Gelar Rutinan Ratibul Haddad

Jalin Keakraban, Pelajar NU Tegalkubur Tegal Gelar Rutinan Ratibul Haddad
Kegiatan rutinan pembacaan ratibul haddad pelajar NU Tegalkubur, Lebaksiu, Kabupaten Tegal (Foto: NU Online Jateng/Malik)
Kegiatan rutinan pembacaan ratibul haddad pelajar NU Tegalkubur, Lebaksiu, Kabupaten Tegal (Foto: NU Online Jateng/Malik)

Tegal, NU Online Jateng
Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Tegalkubur, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal mengadakan rutinan pembacaan Rotibul Haddad dan Maulid Simtudduror.

 

Kegiatan yang dilaksanakan 2 minggu sekali setiap hari Ahad dari pukul 9.00 sampai dengan selesai bertempat di rumah pelajar NU Tegalkubur dilakukan secara bergilir. 

 

"Tujuan diadakan pertemuan rutin sebagai wadah untuk bersilaturahim dan menjalin keakraban bagi pelajar NU Tegalkubur, ujar Ketua PR IPNU Tegalkubur Hanan Qowiyun Aziz. 

 

Disampaikan, forum rutinan bukan hanya sekadar silaturahim dengan mengobrol tetapi diisi dengan kegiatan positif yakni pembacaan ratib haddad yang dikhususkan kepada para sesepuh dan membaca maulid simtudduror yang diselingi lantunan shalawat 

 

Kepada NU Online Jateng, Kamis (9/12) Hanan berharap, kegiatan rutinan pembacaan Ratibul Haddad dan Maulid Simtudduror dapat diikuti oleh pelajar NU Tegalkubur.

 

Ketua PR IPPNU Tegalkubur Nunung Nur Pujiyanti mengatakan, dengan adanya kegiatan semacam ini secara tidak langsung melatih para anggota untuk bisa menambah wawasan dalam agama.

 

"Dengan pembacaan Ratibul Haddad dan Maulid Simtudduror secara tidak langsung kita melatih para anggota untuk bisa menambah wawasan dalam agama karna bacaan yang dikhususkan kepada para sesepuh bukan hanya tahlil semata yg mana biasa kami baca pada rutinan kliwonan," ungkapnya.

 

Dirinya berharap, dengan diadakannya kegiatan rutinan tersebut dapat menjaga tali silaturahim, bisa mengembangkan potensi, karakter, dan akhlak yang berkepribadian Ahlussunnah Waljamaah, serta tetap semangat berkhidmat di NU.

 

Salah satu anggota IPNU Ranting Tegalkubur Khizami berharap, kegiatan rutinan pembacaan Ratibul Haddad dan Maulid Simtudduror bisa membuat lebih menjalin keakraban antaranggota.

 

Kontributor: Khasan Sulaiman, Malik Ibnu Zaman 
Editor: M Ngisom Al-Barony


Dinamika Terbaru