• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Sosok

Siti Khotimah Pimpin Fatayat NU Klaten, Ini Profilnya 

Siti Khotimah Pimpin Fatayat NU Klaten, Ini Profilnya 
Siti Khotimah (dua dari kanan) terpilih sebagai Ketua PC Fatayat NU Klaten periode 2024-2029)
Siti Khotimah (dua dari kanan) terpilih sebagai Ketua PC Fatayat NU Klaten periode 2024-2029)

Klaten, NU Online Jateng
Perhelatan suksesi kepimpinan baru Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Klaten pada Konferensi Cabang (Konfercab) ke-11 di Aula Masjid Raya Klaten pada Ahad (3/12/2023) lalu telah melahirkan beberapa keputusan penting.


Pada sidang pleno pemilihan ketua yang dipandu oleh Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Jateng yakni Ketua Iswatun Hasanah dan Sekretaris Laily Hidayah, berhasil menetapkan Siti Khotimah sebagai Ketua PC Fatayat NU Klaten periode 2023-2028 menggantikan Ika Nurmaliana Dewi.


Siti Khotimah tercatat aktif sebagai anggota Fatayat sejak tahun 1994 yang telah mengikuti LKD sebagai sebuah keharusan bagi setiap kader Fatayat NU pada umumnya agar bisa dilatih dan dididik menjadi kader yang militan, berguna, dan berdedikasi tinggi, meningkatkan pemahaman Aswaja dan membangun kapasitas organisasi. Pelatihan pengkaderan lainnya yang pernah diikuti adalah PKPNU ( 2019) dan Garfa (2023).

 
Rekam jejak Siti Khoitmah di ke)pengurusan yakni ketua PAC Fatayat Ngawen (2008–2020) , Kabid Organisasi dan Pendidikan di PC Fatayat NU Klaten (2013–2018) dan selanjutnya Ketua II PC Fatayat NU kabupaten Klaten periode 2018–2023.


Wanita yang akrab disapa mbak Khot ini menyelesaikan  studi  S-1 Matematika di Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten dan kesehariaanya mengajar di salah satu SD Negeri  Jatinom Klaten. Amanat yang diembannya sebagai ketua Fatayat NU Klaten menjadikan dirinya berkomitmen untuk melaksanakan rekomendasi, dan  program kerja yang telah ditetapkan pada konfercab.  
 

Rekomendasi dan program kerja baik internal atau pun eksternal di antaranya penguatan konsolidasi dan koordinasi dengan Pimpinan Anak Cabang (PAC) maupun Pmpinan Ranting (PR) Fatayat NU se-kabupaten Klaten, meningkatkan kerja sama antarbanom di lingkungan NU serta komunikasi secara intensif dengan dinas terkait untuk mengakses program- program pemerintah atau pun meningkatkan peran aktif perempuan dalam perumusan kebijakan perencanaan pembangunan pada pemberdayaan dan perlindungan terhadap ibu dan anak. 


Kepada NU Online Jateng, Sabtu (16/12/2023) demisioner Ketua Bidang Dakwah Fatayat NU Klaten periode 2018–2023 Iin Nur Chasanah menyampaikan, Siti Khotimah adalah pribadi yang ulet dan bisa ngemong orang banyak terlebih orang di sekelilingnya.


“Mbak Khot merupakan teman bermain kami dari semenjak kecil (taman kanak – kanak /TK) dan bertemu kembali sebagai sahabat seperjuangan berkhidmah di Fatayat NU berawal di PAC Fatayat NU Ngawen hingga di kepengurusan PC Fatayat NU Kabupaten Klaten periode 2018 – 2023,” pungkasnya.


Kontributor: Eko Priyanto


Sosok Terbaru