• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Regional

Fatayat NU Klaten Gelar Konfercab, Ini Pesan Fatayat Jateng  

Fatayat NU Klaten Gelar Konfercab, Ini Pesan Fatayat Jateng  
Kegiatan konfercab Fatayat NU Klaten (Foto: NU Online Jateng/Eko)
Kegiatan konfercab Fatayat NU Klaten (Foto: NU Online Jateng/Eko)

Klaten, NU Online Jateng
Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU gelar Konferensi Cabang (Konfercab) XI untuk membahas laporan pertanggungjawaban, program kerja, dan memilih ketua PC Fatayat periode 2024-2029 di Aula Masjid Raya Klaten pada Ahad (3/12/2023).


Wakil Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Jawa Tengah Atatin Malihah mendorong kepengurusan PC Fatayat NU Klaten yang baru untuk membentuk Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Ranting (PR) yang belum ada.


"Fatayat tidak berpolitik, tetapi mendorong kader–kader terbaik Fatayat untuk  berperan aktif dalam konstelasi politik dengan bergabung pada partai politik yang ada sebagai media untuk memperjuangkan kepentingan rakyat,” ucapnya.
 

Menurutnya, di parlemen sebagai tempat yang memungkinkan untuk menyuarakan kebutuhan kepentingan bangsa dan negara. Untuk itu bukan hal yang mustahil bagi seluruh kader Fatayat mendukung serta mensukseskan kader–kader terbaik Fatayat yang maju menjadi calon wakil rakyat. Jangan sampai kader Fatayat golput," tegasnya.


Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Klaten H Mujiburohman mengatakan, sebagai badan otonom NU, Fatayat harus berpegang teguh pada prinsip tawasuth, tasamuh, tawazun dan i’tidal sebagai ciri utama ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja).


"Prinsip-prinsip inilah yang harus dipedomani oleh seluruh organisasi di bawah naungan NU termasuk Fatayat untuk mewujudkan kader–kader Islam Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah," ujarnya.


Ketua demisioner PC Fatayat NU Klaten Ika Nurmaliana Dewi berharap, semoga kepengurusan Fatayat NU Klaten periode 2024–2029 jauh lebih baik dan menyempurnakan program–program yang sudah berjalan.


"Terima kasih kepada semua kader–kader Fatayat NU Klaten tanpa terkecuali yang telah turut andil mensukseskan program kerja pada periode kepengurusan 2018–2023,” ungkapnya.
 
Kedepannya menjadi pekerjaan rumah kita bersama melengkapi jajaran kepengurusan pada tingkat desa atau pun kecamatan yang belum terbentuk di wilayah kabupaten Klaten,"ucapnya.


Ketua Panitia Konferensi Fatayat NU Klaten Hartanti kepada NU Online Jateng, Kamis (7/12/2023) menjelaskan,  peserta  konfercab terdiri dari 12 utusan  PR dan 19 PAC Fatayat NU se–Kabupaten Klaten. 


"Mewujudkan kader yang tangguh dan berdaya menuju kemandirian organisasi, kader Fatayat diharapkan mampu menghadapi tantangan global bersinergi dengan lembaga struktural NU dan  pemerintah. Saling menguatkan agar kader fatayat siap menjadi perempuan–perempuan yang berdaya memiliki keunggulan," ujarnya. 


Kegiatan yang mengambil tema 'Mewujudkan Kader yang Tangguh dan Berdaya, Menuju Kemandirian Organisasi’ itu berhasil memilih Ketua PC Fatayat NU Klaten periode 2024-2029 yakni Siti Khotimah.


Kontributor: Eko Priyanto


Regional Terbaru