• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Sosok

Khairul Anwar Aktivis Muda NU Pekalongan Lulus Cumlaude di Pascasarjana UIN Pekalongan

Khairul Anwar Aktivis Muda NU Pekalongan Lulus Cumlaude di Pascasarjana UIN Pekalongan
Khairul Anwar (Foto: Dok pribadi)
Khairul Anwar (Foto: Dok pribadi)

Pekalongan, NU Online Jateng
Khairul Anwar, aktivis muda Nahdlatul Ulama (NU) asal Pekalongan berhasil mendapatkan gelar Magister Ekonomi di Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid Pekalongan dengan hasil cumlaude (3.82). 


Dirinya yang juga aktif sebagai kontributor NU Online Jateng hanya memerlukan waktu empat semester tepatnya 1 tahun 7 bulan untuk lulus dari program pascasarjana UIN Gus Dur Pekalongan. Ia diwisuda pada Sabtu (6/5/2023) di Kampus 2 UIN KH Abdurrahman Wahid Bojong, Pekalongan.


Kepada NU Online Jateng, Selasa (16/5/2023) Anwar sapaan akrabnya menyampaikan bahwa tesisnya mengangkat tema tentang pengembangan Green Economy (ekonomi hijau) pada industri batik di Pekalongan. “Penelitian saya tentang ekonomi hijau pada industri batik di Pekalongan yang saya kaji atau analisis menggunakan maqashid syariah,” ujarnya.


Disampaikan, dirinya memulai proses mengerjakan tesis sejak awal semester dua yang dibimbing oleh Prof Susminingsih dan Hafidz Ma’shum. Menurutnya, meski sambil bekerja dan aktif di beberapa organisasi bukan menjadi halangan dalam menjalani perkuliahan dan membuat tesis.


“Alhamdulillah, dalam membuat tesis khususnya saat mengerjakan bab 3 dan 4, saya setiap malam meluangkan waktu 1 hingga 2 jam untuk menulis. Dengan strategi seperti itu, saya bisa lulus tepat waktu,” jelasnya.


Khairul Anwar yang juga aktivis Ansor Karangjompo, Pekalongan menjelaskan, selama prosesnya di S2 banyak menulis jurnal dan artikel di media online. Tercatat, selama empat semester ia menghasilkan 8 artikel ilmiah yang terpublikasi baik di jurnal nasional maupun internasional, juga menulis esai atau opini di beberapa media lokal dan nasional.


Atas kesukaannya dalam bidang tulis menulis membuat pemuda berusia 26 tahun itu berhasil menorehkan berbagai prestasi selama kuliah di S2 UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan. Di antaranya adalah menyabet juara 3 Call For Paper tingkat nasional di UIN Sunan Kalijaga saat semester 1, dan menjadi presenter seminar internasional secara daring yang diadakan salah satu kampus di Turki.


“Selain itu saya juga pernah menjadi presenter seminar internasional di UIN Raden Intan Lampung dan UIN Sunan Kalijaga saat semester 1, dan di semester 3 meraih juara empat dalam ajang Islamic Economic Consortium UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta masih banyak lagi,” pungkasnya. 


Ketua Program Studi (Kaprodi) Magister Ekonomi Syariah UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan Ali Muhtarom menyampaikan selamat kepada Khairul Anwar yang sudah menyelesaikan studi tepat waktu.


“Semoga ilmu yang telah didapatkan dari magister ekonomi syariah bermanfaat, sukses, dan semakin banyak memberikan manfaat bagi orang lain,” ucapnya.


Dirinya berpesan kepada Anwar agar terus berkarya dan terus memberi manfaat kepada orang lain. Menurutnya, dengan selalu berkarya dan memberi manfaat kepada orang lain hidup menjadi berkah. 


“Anwar ini adalah mahasiswa yang rajin, aktif, dan juga mahasiswa yang cerdas. Terbukti selama menjadi mahasiswa kami di magister ekonomi syariah, selama empat semester, dia banyak berkarya, tulisannya banyak di jurnal-jurnal nasional dan internasional,” katanya.


Artinya lanjut Ali, keaktifannya di atas rata-rata mahasiswa secara umum. Oleh karena itu, keaktifan, keuletan, dan ketelatenan Anwar patut menjadi teladan bahwa bekerja di tempat lain tidak menghalangi semangat untuk belajar. Aktif di organisasi pun demikian tidak menjadi alasan untuk malas belajar. 


“Jadi pribadi yang tekun, pribadi yang cerdas, yang ramah, dan pribadi yang semangat dan punya cita-cita yang tinggi. Saya berharap Anwar ini bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” pungkasnya.


Kontributor: Ismuhadi


Sosok Terbaru