• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 21 Februari 2024

Sosok

PORSEMA NU JATENG

Delegasi MANU 01 Banyuputih Batang Dya Nisa Nurul Kamila Juara 1 Lomba Penulisan Kiai Lokal

Delegasi MANU 01 Banyuputih Batang Dya Nisa Nurul Kamila Juara 1 Lomba Penulisan Kiai Lokal
Dya Nisa Nurul Kamila Juara 1 Lomba Penulisan Kiai Lokal (Foto: NU Online Jateng/M Asrofi)
Dya Nisa Nurul Kamila Juara 1 Lomba Penulisan Kiai Lokal (Foto: NU Online Jateng/M Asrofi)

Batang, NU Online Jateng
Delegasi Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) 01 Banyuputih, Batang atas nama Dya Nisa Nurul Kamila kelas 12 MIPA 2 mendapat juara 1 dalam lomba penulisan biografi kiai lokal tingkat MA/SMA/SMK pada Pekan Olahraga Seni Ma'arif (Porsema) Jawa Tengah yang dilaksanakan Sabtu (11/2/2023) di Kabupaten Semarang. 


Pelaksanaan lomba biografi bertempat di Gedung Fakultas Agama Islam Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman (Undaris). 


Dya Nisa dengan nomor urut 29 mengangkat kisah pendiri Pesantren Al-Miftah Bandungan, Sukorejo, Limpung KH Nasyi'in dengan judul 'KH Nasyi'in; Geliat Thariqah dan Perjuangan Kultural'.


Dalam lomba tersebut, peserta diminta untuk mengirimkan naskah lomba dengan jumlah halaman maksimal empat halaman. Kemudian para peserta diminta untuk mempresentasikan karya yang telah dibuat di hadapan para dewan juri dengan durasi waktu maksimal 5 menit. 


Penilai lomba biografi ada tiga dewan juri yang profesional dan ahli dalam bidangnya yaitu Muhammad Iqbal Dawami, Junaidi Abdul Munif, dan Niam At Majha seorang penyair dan penulis di beberapa media. 





Kepala MANU 01 Banyuputih Muhsin mengaku salut atas perjuangan anak didiknya, sehingga meraih yang terbaik pada ajang Porsema NU tahun 2023 di Kabupaten Semarang.


"Kami ucapkan terima kasih kepada Dya Nisa Nurul Kamila yang sudah berjuang dan kami ucapkan juga kepada pembimbingnya ibu Inayatun Nisa yang telah membimbing dengan baik," ungkapnya  kepada NU Online Jateng, Senin (13/2/2023).                                                          


Menurutnya, perolehan juara 1 di tingkat Jawa Tengah adalah suatu prestasi yang sangat membanggakan. Ini adalah kali kedua siswa MANU 01 Banyuputih berhasil lolos tingkat provinsi dan maju ke tingkat Nasional. 


"Sebelumnya Amanina Rasyid Wiyani dalam lomba MTQ XXIX tahun 2022 meraih juara 1 karya tulis ilmiah Al-Qur'an tingkat Jawa Tengah. Lalu melanjutkan di tingkat Nasional pada 10-19 Oktober 2022 di Kalimantan Selatan," terangnya. 


Dirinya berharap, prestasi yang diraih bisa menjadi inspirasi bagi siswa dan bagi Dya Nisa untuk melanjutkan prestasi di tingkat nasional. Tentu ini menjadi pengalaman dan bekal berharga baginya untuk meneruskan di jenjang perkuliahan kelak.





Inayatun Nisa selaku guru pembimbing lomba penulisan biografi tokoh lokal menjelaskan, Dya Nisa Nurul Kamila ini merupakan salah satu siswa yang cerdas, ulet, rajin, memiliki daya ingat yang kuat, dan selalu menerima saran dari pembimbing. 


"Puluhan jurnal serta artikel dia baca dan pahami dengan baik, puluhan kali disuruh revisi tulisan, besoknya selalu sudah selesai direvisi, sehingga pembimbing merasa semangat dan terus berupaya mendampingi dengan sebaik-baiknya," ucapnya.


Kamil sapaan akrabnya merasa bersyukur atas buah perjuangannya di lomba Porsema tingkat Jawa Tengah ini. "Alhamdulillah senang banget bisa ikut mengharumkan nama MANU 01 Banyuputih. Rasanya seperti mimpi, enggak nyangka banget. Ini semua berkah dari doa orang-orang baik serta bimbingan dari orang-orang keren. Semoga menjadikan saya lebih semangat lagi dalam belajar," ungkapnya. 


Hasil rekap penilaian dari dewan juri, delegasi MANU 01 Banyuputih, Batang mendapatkan peringkat pertama, juara kedua diraih Kabupaten Semarang, dan juara ketiga diraih Kabupaten Kudus.


Pengirim: Muhammad Asrofi


Sosok Terbaru