• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Regional

UIN Walisongo Semarang Gelar Sumurrejo Bershalawat

UIN Walisongo Semarang Gelar Sumurrejo Bershalawat
Kegiatan pengajian dan perpisahan mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang (Foto: Dok)
Kegiatan pengajian dan perpisahan mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang (Foto: Dok)

Semarang, NU Online Jateng
Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menggelar pengajian akbar dengan tajuk 'Sumurrejo Bershalawat' di Kelurahan Sumurrejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang pada Senin pekan lalu.

 
Pengajian akbar yang dilaksanakan di Balai Desa Kelurahan Sumurrejo diprakarsai Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Walisongo dihadiri Lurah, perangkat desa, dan masyarakat sekitar. 


Koordinator kelompok KKN Iqbal Fahmi mengatakan, pengajian dalam rangka menyambut datangnya tahun baru Islam 1444 Hijriah merupakan salah satu program kerja Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN MIT) ke-14 kelompok 11


"Pengajian ini sekaligus ajang perpisahan antara mahasiswa dan masyarakat sekitar. Di awal acara pun diputarkan sebuah karya video profil Kampung Oke sebagai kenang-kenangan Kelompok 11 untuk masyarakat supaya potensi Kampung Oke Sumurrejo dapat dikenal oleh lebih luas," katanya kepada NU Online Jateng, Senin (8/8/2022).


Dirinya mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf kepada masyarakat atas pengabdianya selama KKN di Sumurrejo. "Alhamdulillah masyarakat terlihat antusias dengan adanya pengajian ini yang dimeriahkan tim hadrah dari UKM Remo Universitas Negeri Semarang (Unnes) serta mauidlah hasanah oleh KH Fachrur Rozi," terangnya.


Dalam penyampaiannya Kiai Fachrur Rozi menjelaskan tentang keutamaan di tiap-tiap bulan yang terdapat di kalender hijriah. Selain itu diingatkan pula kepada para jamaah remaja untuk tidak membantah apa ucapan dari orang tua.


"Penting bagi adik-adik remaja untuk taat kepada kedua orang tua. Khusus bagi mahasiswa, KKN ini sebagai ajang pembelajaran cara bermasyarakat, di mana hal ini tidak diajarkan di bangku perkuliahan," ucapnya.

 
Lurah Sumurrejo Marsumul menjelaskan, KKN mahasiswa UIN Walisongo untuk pertama kalinya mengadakan pengajian di Sumurrejo, sehingga dirinya mendukung penuh kegiatan pengajian akbar.


"Terima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah berkenan berkegiatan di Desa Sumurrejo dalam program KKN Mandiri," pungkasnya. 


Pengirim: Iqbal Fahmi


Regional Terbaru