• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Regional

Gelar Wisuda Perdana, Ini Pesan Rektor UIN Pekalongan Ke Alumni  

Gelar Wisuda Perdana, Ini Pesan Rektor UIN Pekalongan Ke Alumni  
Rektor UGD Pekalongan Prof Zaenal Mustaqim (Foto: NU Online Jateng/Khairul Anwar)
Rektor UGD Pekalongan Prof Zaenal Mustaqim (Foto: NU Online Jateng/Khairul Anwar)

Pekalongan, NU Online Jateng
Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid Pekalongan menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Sarjana ke-43 dan Magister ke-15 dengan tema ‘Menyongsong UIN KH Abdurrahman Wahid dalam menjaga toleransi dan kebhinekaan Indonesia’.


Kegiatan wisuda yang dihelat Sabtu (25/6) merupakan yang pertama kalinya sejak IAIN Pekalongan berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) bertempat di halaman kampus baru di Desa Rowolaku, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan.


Rektor UIN Pekalongan Prof Zaenal Mustakim menyampaikan beberapa pesan kepada wisudawan. Yang pertama untuk senantiasa menjaga nama baik UIN Gus Dur di manapun berada. 


“Selain itu, saudara juga harus konsisten untuk terus berprestasi menjadi yang terbaik kepada semesta, sesama manusia, dan mengabdi untuk agama, nusa dan bangsa,” tegasnya.


Sebagai alumni UIN Gus Dur lanjutnya, maka perlu menjadi cerminan nilai-nilai KH Abdurrahman Wahid yang humanis, menjaga integritas, bersikap egaliter terhadap siapapun, berwawasan terbuka namun tetap berpijak pada tradisi dan jati diri bangsa. 


“Kembangkan terus sikap moderat kita dan juga menjadi pemberi nilai kedamaian dengan nilai-nilai Islam yang Rahmatan lil alamin,” imbuhnya.


Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyampaikan selamat dan berpesan kepada wisudawan yang sudah menjadi alumni ini untuk tetap semangat dalam melanjutkan cita-cita.

 
“Selamat masuk ke dalam dunia realita anak-anakku, dunia yang harus kalian hadapi sendiri. Kalian di manapun ditempatkan harus bisa hidup. Kalian harus mampu membuktikan bahwa lulusan dari UIN Gus Dur ini adalah anak-anak yang hebat, berguna bagi orang tua, bangsa dan negara. Tanamkan mental yang kuat pada diri kalian,” ucapnya.


Disampaikan, perjuangan orang tua harus diapresiasi, karena orang tua sangat berperan penting, apalagi sampai sukses meluluskan anaknya menjadi sarjana. “Maka dari itu mulai sekarang ini, bikin bangga orang tua kalian, kalian harus menjadi pribadi yang sukses yang mampu membawa nama baik orang tua kalian,” tambahnya.


Wakil Rektor 1 UIN Pekalongan Prof Maghfur kepada NU Online Jateng, Sabtu (25/6) menjelaskan, wisuda pada periode Juni 2022 meluluskan sebanyak 985 mahasiswa. 


“Dengan komposisi yakni Fakultas Syariah 105 mahasiswa, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sebanyak 492, Ushuludin Adab dan Dakwah sebanyak 144, Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 221 dan Pascasarjana sebanyak 24 mahasiswa,” pungkasnya.


Kontributor: Khairul Anwar


Regional Terbaru