• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Nasional

Calon Mahasiswa PT Keagamaan Islam Negeri Didominasi Lulusan SMK 

Calon Mahasiswa PT Keagamaan Islam Negeri Didominasi Lulusan SMK 
Rektor UIN Walisongo Semarang Prof KH Imam Taufiq (tengah) (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
Rektor UIN Walisongo Semarang Prof KH Imam Taufiq (tengah) (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Semarang, NU Online Jateng 
Jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia pada tahun akademi 2022/2023 didominasi siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari berbagai jurusan atau kompetensi.


Rektor Universitas Negeri (UIN) Walisongo Semarang Prof KH Imam Taufik yang juga ketua panitia nasional Ujian Masuk (UM) PTKIN mengatakan, jumlah  calon  mahasiswa baru yang mendaftar di 59 PTKIN di seluruh tanah air pada tahun akademik 2022/2023 mencapai 142.716 orang.


"Dari sejumlah itu yang melakukan registrasi sebanyak 109.975 orang yang berproses hingga finalisasi sebanyak 98.968 orang," kata Prof Imam Taufiq.


Hal itu disampaikan Prof Imam Taufiq dalam Pers Conference sebelum pengumuman Kelulusan UM PTKIN 2022 yang berlangsung secara online dan offline di Gedung Rektorat UIN Walisongo Semarang, Kamis (30/6).


Disampaikan, proses rekrutmen mahasiswa di 59 PTKIN  dilaksanakan secara sentralistik dan memunculkan fenomena menarik. Dari total calon mahasiswa yang mendaftar hingga finalisasi didominasi lulusan SMK, lulusan Madrasah Aliyah (MA) dan Pesantren peringkatnya di bawah SMK.


"Rinciannya, berurutan SMK (43.725), MA (39.365), SMA (13.119), sisanya lulusan pesantren dan lembaga pendidikan lainnya. Ini fenomena menarik yang akan didalami oleh 59 pimpinan 59 PTKIN dalam rapat evaluasi yang dijadwalkan akan digelar dalam waktu dekat ini," terangnya.


Ditambahkan, dari 59 PTKIN yang ada dan mengelola beberapa program studi (prodi) UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung tertinggi peminatnya, jumlah pendaftar mencapai 19.692 orang disusul kemudian UIN Syarif Hidayatullah 18.126, UIN Alaudin Makassar 17.570, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 17.245 pendaftar.


"Kalau dilihat dari prosentase peningkatan jumlah pendaftar dibanding tahun sebelumnya, tercatat jumlah pendaftar di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal tertinggi (85 persen), disusul berikutnya STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau (76 persen), dan IAIN Antasari (62 persen )," ujar Kiai Imam yang juga Wakil Rais Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng ini.
 

Koordinator Pokja Humas Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN UM PTKIN M Rikza Chamami menjelaskan, banyak fenomena menarik untuk didalami dan dicermati selama berlangsungnya rekrutmen mahasiswa baru PTKIN tahun 2022.


"Termasuk menguatnya animo lulusan SMK yang berminat masuk PTKIN yang jumlahnya mengalahkan jumlah lulusan aliyah yang akan masuk ke PTKIN," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Nasional Terbaru