• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Regional

NU Pekalongan: SD Islam Nusantara untuk Jaga Ajaran Aswaja

NU Pekalongan: SD Islam Nusantara untuk Jaga Ajaran Aswaja
Ketua PCNU Kota Pekalongan, H Muhtarom (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)
Ketua PCNU Kota Pekalongan, H Muhtarom (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)

Pekalongan, NU Online Jateng
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan H Muhtarom mengatakan, kehadiran Sekolah Dasar Islam (SDI) Nusantara yang dirintis sejak 3 tahun lalu sebagai upaya membentengi generasi NU dari paham yang bertentangan dengan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) An-Nahdliyyah yang masih dilakukan oleh kelompok kiri dan kanan.


"Alhamdulillah kerja keras yang dilakukan oleh PCNU Kota Pekalongan telah membuahkan hasil dengan berdirinya bangunan megah dua lantai di sisi selatan Gedung Aswaja di Jalan Sriwijaya 2, Pekalongan," ujarnya, Kamis (17/2).




Bangunan SD Islam Nusantara berdiri megah di Komplek Gedung Aswaja Kota Pekalongan (Foto: M Ngisom Al-Barony)


Disampaikan, bangunan gedung SDI Nusantara yang telah menelan biaya sekitar Rp 3 Miliar dibangun sejak 2 tahun lalu melengkapi Gedung TK Islam Nusantara di sisi barat SD secara keseluruhan siap menampung siswa per tahunnya sekitar 2 kelas. "Saat ini sudah sampai kelas 3 muridnya," terangnya.


Dirinya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi jajaran PCNU, MWCNU, Ranting NU, donatur, dan khususnya Wali Kota Pekalongan melalui dana aspirasi Hj Balqis Diab.


"Terima kasih Pak Wali yang telah mencairkan bantuan untuk menyelesaikan bangunan lantai dua dan bisa dikerjakan sesuai tenggat waktu yang ditetapkan," ucapnya.


Ke depan lanjutnya, pihaknya masih akan menjalin kerja sama dengan Pemkot Pekalongan dalam rangka membumikan Aswaja di Kota Pekalongan. Menurutnya, kerja sama atau kolaborasi sangat penting dilakukan sebagai wujud kehadiran pemerintah di lingkungan NU.


"Meski kami telah dibantu, ke depan kami juga masih akan menjalin kerja sama untuk kemajuan Kota Pekalongan," ungkapnya.





Wali Kota Pekalongan H Afzan Arslan Junaid yang hadir meresmikan bersama Wakil Wali Kota Pekalongan H Salahuddin mengatakan, dirinya siap pegang balpoinnya, sedangkan Ketua DPRD Azmi Basyir yang ikut hadir pada acara peresmian yang pegang palunya.


"Kolaborasi ini penting, agar apa yang menjadi keinginan PCNU Kota Pekalongan bisa terwujud. Inilah bentuk dari kemitraan itu," terangnya.


Disampaikan, kehadiran SD Islam Nusantara yang didirikan oleh NU Kota Pekalongan diharapkan bisa mencetak generasi yang Islami. Tentu pemerintah siap bersinergi untuk menggapai cita-citanya.


"Peresmian gedung bertepatan dengan Harlah NU merupakan kado spesial bagi masyarakat Kota Pekalongan. semoga SDI Nusantara bisa maju dan berkembang pesat," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony
Editor: Samsul Huda


Regional Terbaru