• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 29 Maret 2024

Nasional

PBNU Bakal Bangun SMK Masa Depan di Kawasan Industri Batang

PBNU Bakal Bangun SMK Masa Depan di Kawasan Industri Batang
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (foto: dok)
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (foto: dok)

Jakarta, NU Online Jateng
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berencana membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Masa Depan di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. SMK Masa Depan ini dibangun bertujuan untuk menyinergikan antara pendidikan dan industri. 


Selain itu, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mengatakan, pembangunan SMK Masa Depan di tengah kawasan industri itu bertujuan untuk membuka akses peluang ekonomi yang lebih baik.  


"PBNU membuat eksperimentasi-eksperimentasi mulai dari tingkat SLTA. Jadi sekarang ini PBNU sedang membangun sekolah kejuruan gaya baru. Ini yang kita sebut sebagai SMK Masa Depan,” ungkap Gus Yahya pada Selasa (13/12/2022).  


Lebih lanjut Gus Yahya mengatakan, model pendidikan SMK Masa Depan yang akan dibangun PBNU di Batang itu akan dihubungkan dengan perkembangan industri, sehingga kurikulum yang digunakan akan dinamis dengan menyesuaikan kebutuhan industri. 


"Model hubungan antara sekolah dengan sektor industri dibuat sedemikian rupa sehingga sambung semuanya. Ini untuk membangun atau menemukan rasa sinergi antara pendidikan dan industri,” terang Gus Yahya.  


Definisi Sekolah Masa Depan Dalam buku SMK Masa Depan: Kajian Pengembangan Sarana dan Prasarana (2021: 68-71) yang diterbitkan Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) disebutkan berbagai definisi dan kriteria SMK Masa Depan.  


Di antaranya adalah karena dalam konteks disrupsi perubahan dunia pekerjaan dan profesi, kebutuhan keterampilan baru dan polarisasi pertumbuhan sosial ekonomi; sistem sekolah dasar dan menengah mendapatkan kritikan untuk lebih mengembangkan peran dalam menyiapkan sumber daya manusia di masa depan. 


Model pendidikan harus mengadaptasi perkembangan siswa dengan menciptakan keterampilan-keterampilan yang lebih inklusi, kohesif, dan produktif. Perkembangan dunia yang semakin cepat dan kebutuhan yang mendesak dari pemangku kepentingan untuk bersama-sama menciptakan sistem pendidikan yang memenuhi kebutuhan masa depan anak-anak, pengalaman berbagai lembaga pendidikan perintis Sekolah Masa Depan dapat memberikan contoh yang menginspirasi transisi ke pendidikan 4.0 secara global.  


Secara umum kriteria utama SMK Masa Depan di antaranya adalah sekolah yang beradaptasi dengan perubahan konten pembelajaran dan pengalaman pedagogis; penyelarasan dengan kerangka Pendidikan 4.0; mempunyai potensi untuk ditingkatkan secara berkesinambungan; pendekatan multi-stakeholder untuk desain dan implementasi pembelajaran; dan menunjukkan peningkatan hasil siswa, akses ke pembelajaran atau pengalaman belajar. (*)
 


Nasional Terbaru