• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Dinamika

Rawat Kerukunan Warga, NU Watusalam Pekalongan Gelar Lailatul Ijtima

Rawat Kerukunan Warga, NU Watusalam Pekalongan Gelar Lailatul Ijtima
Kegiatan lailatul ijtima di Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Ismuhadi)
Kegiatan lailatul ijtima di Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Ismuhadi)

Pekalongan, NU Online Jateng
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Watusalam, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, menyelenggarakan Lailatul Ijtima di Mushala Mukaromatul Al-Amin Watusalam, pada Kamis (9/11/2023) malam.


Ketua PRNU Watusalam Kiai Fairuzabady mengatakan, kegiatan lailatul ijtima selain sebagai sarana konsolidasi NU dan badan otonom juga sebagai sarana silaturahim antara pengurus dan warga. 


“Dengan dilaksanakan secara berpindah-pindah, dari masjid satu ke mushala yang lain, lailatul ijtima sangat tepat untuk menjalin tali silaturahim dan mempererat persatuan dan kesatuan antarumat khususnya warga NU,” ujarnya.


Disampaikan, lailatul ijtima dilaksanakan setiap sebulan sekali pada malam Jumat Kliwon di masjid-masjid dan mushala se-Desa Watusalam. "Dari masing-masing masjid dan mushala tersebut tidak kurang dari 100 jamaah hadir di setiap kegiatan," ucapnya.


Rais NU Ranting Watusalam Kiai Ariyadin menjelaskan, lailatul ijtima selain merupakan sarana silaturrahim seluruh warga NU, juga untuk ngaji pentingnya pemahaman ke-NU-an dan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) kepada warga.


"Kegiatan ini menjadi sarana untuk mengingat kembali perjuangan pendiri NU dalam memperjuangkan keadilan sosial, kesejahteraan umat, dan nilai-nilai keislaman yang toleran dan inklusif," terangnya.


Kiai Ariyadin mengajak untuk mensyukuri nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita semua. "Alhamdulillaah kita diberikan nikmat yang luar biasa, sehingga kita bisa tidur dengan tenang, dibandingkan dengan saudara-saudara kita yang sedang berjuang di Palestina," pungkasnya.


Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh semua pengurus PRNU Watusalam, serta badan otonom yakni Muslimat, Fatayat, GP Ansor, dan IPNU-IPPNU serta warga nahdliyin.


Pengirim: Ismuhadi


Dinamika Terbaru