• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Dinamika

MTsNU Tirto Pekalongan Gelar Bimtek Merdeka Belajar

MTsNU Tirto Pekalongan Gelar Bimtek Merdeka Belajar
kegiatan bimtek kurikulum merdeka (Foto: NU Online Jateng/Anwar)
kegiatan bimtek kurikulum merdeka (Foto: NU Online Jateng/Anwar)

Pekalongan, NU Online Jateng
Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTsNU) Tirto, Kabupaten Pekalongan menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan mengusung tema 'Menuju era merdeka belajar, merdeka berubah, dan merdeka berbagi' pada Ahad-Senin (2-3/10) pekan lalu. 


Kepala MTsNU Tirto Salafudin menyampaikan, kegiatan yang bertempat di MTsNU setempat dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan akan pentingnya Sumber Daya Manusia di lingkungan pendidikan LP Ma'arif. 


"Tantangan terhadap implementasi kurikulum merdeka semakin membuat satuan pendidikan berupaya dalam mempercepat melalui pengembangan kompetensi pada diri SDM-nya," ujarnya.


Pak Salaf sapaan akrabnya berharap semua peserta dapat mengikuti kegiatan Bimtek dapat menerapkan dan mengimplementasian kurikulum merdeka dengan maksimal.


“Semoga apa yang diperoleh menjadi pembuka wawasan terkait langkah praktis menerapkan kurikulum merdeka dari segi pendidik sebagai motor penggerak perubahan paradigma baru. Karena hal itu merupakan tantangan bagi kita semua,” ucapnya. 


Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pekalongan Hj Munasifah yang meminta para peserta bimtek bisa mengaplikasikannya dengan maksimal. Pasalnya kurikulum merdeka sebuah lompatan dalam belajar siswa.


"Semoga bapak-ibu sekalian dapat memetik hasil maksimal dari Bimtek ini. Selain itu, usai bimtek dapat menerapkan apa-apa yang menjadi kewajiban pendidik di lingkungan sekolahan ini," katanya. 


Kepada NU Onlline Jateng, Selasa (11/10/2022) Munafisah menyampaikan, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan guna bersinergi bersama dalam arus kurikulum yang baru ini. 

"Istilah-istilah baru di kurikulum merdeka seperti capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, modul ajar, dan modul projek, juga sangat perlu dipahami oleh para pendidik," pungkasnya. 


Kontributor: Khairul anwar


Dinamika Terbaru