• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Dinamika

Latifah Yuniarsih Pimpin Fatayat NU Purwokerto Barat Banyumas

Latifah Yuniarsih Pimpin Fatayat NU Purwokerto Barat Banyumas
Kegiatan konferancab Fatayat NU Purwokerto Barat, Banyumas (Foto: NU Online Jateng/Djarmanto)
Kegiatan konferancab Fatayat NU Purwokerto Barat, Banyumas (Foto: NU Online Jateng/Djarmanto)

Banyumas, NU Online Jateng
Latifah Yuniarsih terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas dalam konferensi yang berlangsung, Ahad (11/9/2022).


Dalam konferancab Fatayat NU yang berlangsung di Kampus MI Ma'arif NU 02 Kelurahan Pasir Kidul, Purwokerto Barat itu saat dibuka dengan agenda penjaringan untuk menetapkan calon ketua dan muncul dua nama yang diusulkan peserta konfetensi yang mengikuti agenda permusyawaratan.


Dua nama itu meliputi Latifah Yuniasih Ranting Kauman Kulon Pasir Kidul dan Asmah Asiyah Ranting Rejasari. Dalam tata tertib disebutkan, syarat untuk menjadi orang nomor satu di kepengurusan Fatayat tingkat Ancab di antaranya harus sudah pernah mengikuti Latihan Kader Dasar (LKD) Fatayat NU.


Setelah dilakukan verifikasi dokumen keduanya, diketahui Asmah Aisyah belum pernah mengikuti LKD, sehingga tidak memenuhi syarat sebagai calon ketua dan tidak dapat  melanjutkan ke tahap pemilihan, sedangkan Latifah Yusniasih sudah pernah mengikuti LKD  dan ditetapkan sebagai calon ketua.


Ketua Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Banyumas Eva Lutfiati Khasanah yang memimpin  sidang pemilihan ketua mengatakan, dari dua bakal calon ketua yang muncul diketahui bahwa yang memenuhi syarat hanya satu orang yaitu Latifah.


"Sedangkan Sahabati Asmah Aisyah tidak memenuhi syarat, maka sahabat Latifah ditetapkan sebagai calon tunggal dan secara aklamasi langsung ditetapkan sebagai Ketua Fatayat PAC Purwokerto Barat," katanya.





Eva menjelaskan, ketua terpilih diminta bisa melanjutkan program-program yang sudah dirintis oleh pengurus sebelumnya. Terutama  beberapa bidang yang telah ditetapkan sebagai program prioritas utama.


"Program prioritas utama itu di antaranya pendidikan, kesehatan, pengembangan ekonomi, dan kebencanaan serta berbagai program terkait dengan rangkaian agenda kegiatan menyambut hajat peringatan  satu abad usia NU," terangnya.


Asmah Asiyah kepada NU Online Jateng, Rabu (14/9/2022) mengucapkan terima kasih atas kepercayaan peserta konferensi yang diberikan kepadanya sehingga bisa masuk dalam bursa pencalonan Ketua Fatayat Purwokerto Barat, namun gagal menjadi calon karena tersandung persyaratan. 


"Semoga ketua terpilih Sahabati Latifah Yuniasih dapat mengemban amanah menjalankan kepercayaan forum permusyawaratan tertinggi Fatayat di tingkat kecamatan beserta seluruh keputusan keputusan lain yang ditetapkan dalam konferancab Fatayat Purwokerto Barat," pungkasnya.


Pengirim: Djarmanto 


Dinamika Terbaru