• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Dinamika

Fatayat NU Wonosobo Bangun Gedung Sekretariat Baru

Fatayat NU Wonosobo Bangun Gedung Sekretariat Baru
Peletakan batu pertama pembangunan Gedung Fatayat NU Wonosobo (Foto: NU Online Jateng/Muharno)
Peletakan batu pertama pembangunan Gedung Fatayat NU Wonosobo (Foto: NU Online Jateng/Muharno)

Wonosobo, NU Online Jateng
Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Wonosobo membangun gedung sekretariat dua lantai senilai Rp800 juta. Realisasi pembangunannya ditandai dengan peletakan batu pertama, Selasa (6/9).


Ketua PC Fatayat NU Wonosobo Haryati mengatakan, gedung sekretariat  Fatayat Wonosobo berukuran 14 x 18 meter persegi, pembangunannya dijadwalkan selesai Desember mendatang.


"Selain akan difungsikan sebagai pusat pengendalian dan kegiatan organisasi, gedung Fatayat juga akan digunakan sebagai kampus Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yasmina yang dikelola Fatayat Cabang Wonosobo," kata Haryati kepada NU Online Jateng di Wonosobo, Ahad (11/9/2022)


Dikatakan, pembangunan gedung yang berlokasi di Jl Dieng Km 03 Kalianget, Wonosobo atau di belakang Gedung KBIH Ar-Rahmah bersebelahan dengan Gedung Muslimat NU Wonosobo dibiayai dengan swadaya kader Fatayat.


"Tentu juga ada bantuan dari pihak luar namun sifatnya sukarela atau tidak mengikat. Partisipasi dari kader Fatayat dan nahdliyin Wonosobo mulai dari persiapan hingga pelaksanaan pembangunan sangat tinggi," terangnya.


Rais PCNU Wonosobo KH Abdul Chalim AYM Al Hafidz usai meletakkan batu pertama pembangunan gedung Fatayat bersama Ketua PCNU KH Abdurrahman Effendi dan Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo berharap pembangunan tepat waktu selesainya.


"Bahkan kalau memungkinkan bisa selesai lebih cepat dari yang dijadwalkan agar 
segera dapat dimanfaatkan. Gedung sekretariat merupakan salah satu kebutuhan organisasi agar lancar aktivitasnya," kata kiai Abdul Chalim.


Menurutnya, Fatayat NU merupakan organisasi besar dan mempunyai anggota sangat banyak. Karena itu, gedung untuk pusat sekretariat organisasi mutlak diperlukan. 


"Saat ini sekretariat PC Fatayat NU Wonosobo masih nunut di Gedung PC Muslimat NU Wonosobo. Jika nanti sudah menempati gedung sendiri diharapkan aktivitasnya akan semakin tambah lancar," ucapnya.


Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo meminta jangan sampai pembangunan Kantor PC Fatayat NU Wonosobo ini membebani pengurus dan anggota organisasi. Selain itu, Fatayat juga harus lebih bermanfaat untuk masyarakat, bisa meningkatkan kreativitas dalam membangun ekonomi organisasi.


"Letak gedung Fatayat NU ini sangat strategis. Silahkan diupayakan untuk bisa mengakses ekonomi demi kemandirian organisasi," pungkasnya.


Pengirim: Muharno Zarka 


Dinamika Terbaru