• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 14 Agustus 2022

Dinamika

Fatayat NU Tugu Lor Demak Resmi Dilantik

Fatayat NU Tugu Lor Demak Resmi Dilantik
Pelantikan PR Fatayat NU Tugu Lor, Karanganyar, Demak (Foto: NU Online Jateng/Rahmad Saleh)
Pelantikan PR Fatayat NU Tugu Lor, Karanganyar, Demak (Foto: NU Online Jateng/Rahmad Saleh)

Demak, NU Online Jateng
Pengurus Pimpinan Ranting (PR) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Desa Tugu Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak periode 2022-2025 resmi dilantik oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) mewakili Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Demak.


Ketua PAC Fatayat NU Karanganyar Mukhlishoh menyampaikan, Fatayat Tugu Lor yang baru saja dilantik mencatat sejarah yang patut dicontoh kegigihannya oleh generasi mendatang atau ranting-ranting lainnya dalam upaya mengokohkan keberadaan salah satu banom NU di tengah-tengah masyarakat.


"Terima kasih kepada sahabat-sahabat Fatayat di Tugu Lor yang dengan kesadaran dan semangat tinggi berhasil membangkitkan kaum wanita muda di ranting untuk aktif di Fatayat," kata Mukhlishoh


Disampaikan, untuk mengaktifkan kembali organisasi Fatayat yang dilantik di Masjid Baiturrohman  Tugu Lor, Jumat (24/6), pengurus menempuh berbagai cara. Di antaranya dengan melakukan pendekatan person to person atau door to door untuk diajak berkhidmah di NU melalui salah satu banomnya, Fatayat NU.


"Bahkan menurut informasi dari pengurus ranting, sebelum pelantikan jumlah warga atau kader yang memesan seragam fatayat mencapai 100 potong, ini sangat menggembirakan sekali," ucapnya.


Menurut Mukhlishoh, ini menjadi pertanda bahwa kehadiran Fatayat diterima masyarakat terutama di kalangan kaum wanita muda NU di wilayah Tugu Lor. Semangat untuk berfatayat ini merupakan modal untuk menguatkan organisasi.


Dia menambahkan, karena itu kepada pengurus yang baru saja dilantik diharapkan segera menyusun program kerja yang aplikatif dan dapat membangkitkan semangat warga untuk berorganisasi. 


"Mari kita tanamkan nilai-nilai keikhlasan dalam berkhidmah kepada NU melalui Fatayat. Bagi yang sudah berkeluarga jangan sampai lupa minta ijin kepada suami setiap akan mengikuti kegiatan organisasi," ujarnya. 


Ketua PR Fatayat NU Tugu Lor Alminatul Husnil Hami menyampaikan terima kasihnya kepada segenap pengurus dan anggota seraya berpesan kalau Fatayat Tugu Lor ingin maju, maka seluruh pengurus dan anggota harus bersatu dan istiqamah dalam berkhidmah.


Dijelaskan, beberapa program unggulan yang telah disiapkan dan akan segera dilaksanakan yakni Sedekah Subuh Seribu (S3). Program ini merupakan kerja sama dengan Muslimat dan direalisasikan berupa santunan kepada Anak Yatim Piatu tiap bulan Muharram (Syuro).


"Juga santunan untuk orang lanjut usia di bulan Rajab, serta berupa bingkisan menjelang Hari Raya Idul Fitri untuk orang lanjut usia," terangnya.
 

Program lainnya sambungnya, adalah pemanfaatan produksi sampah plastik (sampah anorganik) untuk didaur ulang. Selain itu dalam rangka konsolidasi organisasi diadakan kegiatan selapanan rutin setiap Jumat Legi.


Ketua Ranting NU Tugu Lor Kiai Sukisman mengatakan, NU hadir di masyarakat telah berperan nguri-uri ajaran Ahlus Sunnah Wal Jamaah (Aswaja). "Ini salah satu tinggalan sesepuh yang harus tetap hidup di tengah-tengah arus globalisasi seperti sekarang ini," pungkasnya.

 
Pengirim: Rahmad Saleh


Dinamika Terbaru