• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

Silaturahim ke Kiai Dian Nafi, RMINU Jateng Sampaikan Program Unggulan

Silaturahim ke Kiai Dian Nafi, RMINU Jateng Sampaikan Program Unggulan
PW RMINU Jateng Silaturahim ke kediaman Ketua PP RMINU di Kartosuro Sukoharjo (Foto: Dok)
PW RMINU Jateng Silaturahim ke kediaman Ketua PP RMINU di Kartosuro Sukoharjo (Foto: Dok)

Sukoharjo, NU Online Jateng
Pengurus Wilayah (PW) Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Jawa Tengah (Jateng) bersilaturahim ke kediaman Ketua Pengurus Pusat (PP) RMINU KH M Dian Nafi' di Kompleks Pesantren Al-Muayyad Windan Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (2/4) lalu.


Dalam kesempatan tersebut, Ketua PW RMINU Jateng KH Nur Machin yang hadir bersama beberapa pengurus lainnya menyampaikan beberapa program pokok RMINU Jateng. "Jadi kami sampaikan program-program pokok, yang pertama terkait dengan penguatan tafaqquh fid-din di pondok-pondok pesantren," ungkap Pengasuh Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Magelang itu.


Kemudian, program berikutnya yang menjadi perhatian besar RMINU Jateng, yakni pemerataan kader lulusan pesantren untuk menjalani pengabdian, baik di wilayah kota maupun pelosok-pelosok desa di Jawa Tengah. "Sedangkan program ketiga yakni peningkatan Madrasah Diniyah (Madin) NU," imbuhnya.





Sejalan dengan ketiga program tersebut, Ketua PP RMINU KH M Dian Nafi juga menjelaskan beberapa hal yang akan dilaksanakan dari pengurus pusat. "Selain penguatan dan pemberdayaan pondok pesantren, hal lain yang menjadi perhatian kami adalah pada kaderisasi kiai, peningkatan mutu Madin non-formal dan aktualisasi kitab-kitab turats karya para ulama pesantren di Indonesia," terang Kiai Dian.


Khusus terkait dengan kaderisasi kiai di pondok pesantren ini, kepada NU Online Jateng, Senin (4/4) Kiai Dian menyampaikan, menjadi sebuah keniscayaan seiring dengan terjadinya regenerasi sebagai proses alamiah dalam kehidupan manusia. 


"Syukur alhamdulillah RMINU Jawa Tengah ikut menyemangatkan pondok-pondok pesantren untuk memperhatikan segi-segi kaderisasi. Maka selayaknya putra-putra kiai dan pengasuh pesantren juga menyiapkan diri menjadi kader penerus kepemimpinan pesantren di keluarganya," kata dia


Selain memaparkan beberapa program, RMINU Jateng juga menyerahkan 3 buku karya Tim RMINU Jateng kepada Kiai Dian. Ketiga buku tersebut berjudul Aswaja An-Nahdliyah Jilid 1 dan 2, kemudian buku Panduan Madin NU.


Penulis: Ajie Najmuddin


Regional Terbaru