• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

HARLAH KE-88 GP ANSOR

Ragam Kegiatan Harlah Ansor di Soloraya, Lomba Mewarnai hingga Potong Tumpeng

Ragam Kegiatan Harlah Ansor di Soloraya, Lomba Mewarnai hingga Potong Tumpeng
Usai doa bersama, tumpeng pun siap dipotong (Dok. Ansor Banyudono)
Usai doa bersama, tumpeng pun siap dipotong (Dok. Ansor Banyudono)

Wonogiri, NU Online Jateng
Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-88 Gerakan Pemuda (GP) Ansor kali ini cukup istimewa, pasalnya bertepatan dengan bulan Ramadhan. Alhasil, berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggarakan pun mayoritas disesuaikan dengan momen bulan puasa. Seperti dengan mengadakan kegiatan tarawih keliling (tarling) dan pembagian takjil.

Di Kabupaten Wonogiri, Harlah Ansor diperingati dengan mengadakan kegiatan istighotsah dan shalawat, Sabtu (23/4) malam. Acara tersebut dipusatkan di Gedung Madrasah Diniyah (Madin) Roudloh Tholabah Semanding, Desa Sambirejo, Kecamatan Slogohimo diikuti para pengurus dan anggota Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-Wonogiri.

Ketua PC GP  Ansor Wonogiri Jari Mustofa mengatakan, malam peringatan harlah ini sekaligus juga dijadikan momen untuk melakukan konsolidasi. "Kita rapatkan barisan, tingkatkan solidaritas kader untuk mencapai organisasi yang siap tempur di segala medan di Kabupaten Wonogiri," tegasnya.

Jari juga berpesan kepada seluruh kader Ansor dan Banser Wonogiri untuk senantiasa solid, dan siap menjadi kader yang dipimpin dan memimpin di segala bidang.


Usai lantunkan doa, berfoto bersama

Lomba Mewarnai

Sementara itu di Kartasura, Sukoharjo, PAC GP Ansor di wilayah tersebut mengisi acara peringatan harlah dengan kegiatan lomba mewarnai bersama anak-anak. Acara yang diselenggarakan di Gedung NU Kartasura tersebut cukup antusias diikuti oleh para anak usia TK dan SD.

Mereka mewarnai gambar yang sudah disediakan, yakni dua orang dengan memakai seragam Ansor dan Banser. "Sengaja tema menggambar kita berikan seperti itu, agar anak-anak mengenal NU juga Ansor dan Banser sejak dini," ucap salah satu panitia Harlah Ansor di Kartasura M Yusron, Ahad (24/4).

Selain lomba mewarnai, pada waktu menjelang berbuka puasa, para anggota Ansor dan Banser Kartasura membagikan takjil kepada para pengguna jalan yang melintas di depan Gedung NU Kartasura. "Semoga berkah untuk semua," kata Ketua Pemberdayaan Ekonomi PAC Ansor Kartasura itu.


Bersiap untuk bagi takjil

Potong Tumpeng

Lain daerah, lain pula kegiatannya. Di Banyudono, Boyolali, PAC Ansor setempat mengadakan kegiatan khataman Al-Qur'an yang kemudian diakhiri dengan pembacaan doa dan potong tumpeng.

Ketua PAC GP Ansor Banyudono, Hanif Mohan mengatakan di bulan Ramadhan ini, selain kegiatan peringatan Harlah, pihaknya juga mengadakan berbagai kegiatan. "Ada banyak kegiatan, mulai dari tarling, kemudian pelantikan pengurus, dan pelatihan jurnalistik yang sudah diselenggarakan pada tanggal 14 April lalu," ujar dia.

Menurutnya, bulan Ramadhan ini menjadi kesempatan besar bagi para kader Ansor untuk lebih membaur di tengah masyarakat.

Penulis: Ajie Najmuddin


Regional Terbaru