• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 4 Februari 2023

Regional

Ini Harapan Lakpesdam Demak di Momen Harlah Ke-37

Ini Harapan Lakpesdam Demak di Momen Harlah Ke-37
Lakpesdam NU (Sumber: NU Online)
Lakpesdam NU (Sumber: NU Online)

Demak, NU Online Jateng
Pada tanggal 7 April 2022 kemarin, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama (NU) memperingati hari lahir (harlah) ke-37. Usia 37 tahun adalah usia yang matang bagi organisasi yang fokus dalam melakukan kajian-kajian strategis terkait isu kebangsaan dan keislaman, serta pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Semoga keberadaan Lakpesdam di usia 37 tahun ini bisa memberi banyak manfaat dan bisa membantu banyak orang dengan cara mendidik dan mengembangkan potensi masyarakat," ungkap Ketua Pengurus Cabang (PC) Lakpesdam NU Demak H Wahiburrahman, kepada NU Online Jateng, Ahad (10/4).

Ia berharap keberadaan Lakpesdam, khususnya di Demak, lebih bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar. Salah satunya melalui kegiatan sedekah yaitu kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari Jumat yakni bernama Jumat Berkah.

"Alhamdulillah, Jumat berkah dengan membagikan nasi bungkus setiap hari Jumat kepada tukang becak, tukang parkir dan warga sekitar di Gedung NU Demak masih tetap aktif dan terhitung bertahun-tahun sudah berjalan," kata dia.

Tetapi tambah Wahib, yang lebih penting dari itu adalah pemberdayaan ekonomi secara berkelanjutan. Dipaparkan, program-program Lakpesdam NU Demak menyasar ke arah pemberdayaan UMKM, selain itu juga ada beberapa pelatihan yang Lakpesdam Demak lakukan.

"Melatih teman-teman yang punya usaha untuk dilatih mempromosikan produknya secara online. Sehingga harapannya mereka yang kita latih bisa mengakses pemasaran dan pengelolaan yang lebih baik lagi ke depannya," ujarnya .

Lebih lanjut Wahib menjelaskan bahwa belum lama ini Lakpesdam Demak telah mengadakan pelatihan di Pendopo Kabupaten Demak. Bekerja sama dengan beberapa perusahaan. Dalam kegiatan itu para peserta dilatih mulai dari mendesain, membuat tampilan menarik, kemudian diajarkan membuka toko online, dan lain sebagainya.

"Dan ke depan Insyaallah dalam waktu dekat kita sudah memprogramkan kegiatan praktik dan akan kita pilih dari hasil kelas kemarin kita dampingi secara khusus, kemudian kita ajak ke lapangan untuk pelatihan fotografi, membuat desain supaya menarik, itu yang menjadi konsen kita saat ini," paparnya.

Beberapa program kerja memang diarahkan kepada praktik-praktik di lapangan sehingga lebih optimal. Selain itu, ada juga program-program sosialisasi seperti yang telah terlaksana sebelumnya yaitu literasi syari'ah.

"Rencana kita juga akan menindaklanjuti itu, untuk teman-teman tingkat SMA/SMK akan dilaksanakan pada bulan Juli nanti," pungkasnya.

Kontributor: Samsul Maarif


Regional Terbaru