• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 4 Februari 2023

Regional

HARLAH KE-72 FATAYAT NU

Peringati Harlah Ke-72, Fatayat NU Pekalongan Terbitkan Buku Majmu Fatayat

Peringati Harlah Ke-72, Fatayat NU Pekalongan Terbitkan Buku Majmu Fatayat
Semarak Harlah Fatayat NU di Kabupaten Pekalongan (Dok. FNU Pekalongan)
Semarak Harlah Fatayat NU di Kabupaten Pekalongan (Dok. FNU Pekalongan)

Pekalongan, NU Online Jateng
Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Pekalongan mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan hari lahir (harlah) ke-72 Fatayat NU yang jatuh setiap tanggal 24 April. 


Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Pekalongan Jariyah Muba menyampaikan, peringatan harlah Fatayat NU tahun ini dikemas dalam berbagai acara, baik lingkup keagaaman maupun sosial.

“Agenda pertama kami memasang bendera Fatayat. Hal ini juga sesuai dengan instruksi dari Pimpinan Pusat. Selanjutnya kami menyelenggarakan rilis perdana buku Majmu Fatayat berjudul 'Nubdatul Adz’iyah' pada tanggal 19 April sekaligus sema’an Al-Quran Berkah Ramadhan,” ucapnya. 

kepada NU Online Jateng, Rabu (20/4) Jariyah menjelaskan, acara yang juga dikemas untuk memperingati Nuzulul Qur’an tersebut digelar di Aula Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pekalongan pukul 5 sore. 

“Puncak kegiatan rangkaian harlah Fatayat kami adakan pada Ahad (24/4) nanti dengan acara bagi takjil secara serentak di seluruh Pimpinan Anak Cabang dan Ranting Fatayat NU se-Kabupaten Pekalongan,” tambahnya.

Lebih lanjut disampaikan, di usia ke-72 tahun Fatayat NU sebagai organisasi sosial kemasyarakatan sudah semestinya terus bergerak aktif. “Apalagi harlahnya bertepatan di bulan Ramadhan 1443 Hijriyah, maka ini menjadi momentum yang pas bagi kader Fatayat NU, untuk menabung pahala di bulan suci ini,” ujarnya.

Sekretaris PC Fatayat NU Kabupaten Pekalongan Ella Maryana menambahkan, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Fatayat NU di Kabupaten Pekalongan ini sekaligus untuk meningkatkan dan menguatkan kelembagaan/organisasi.

“Selain dari sisi spiritual, kegiatan dari PC Fatayat NU Kabupaten Pekalongan juga menjadi ajang untuk menata Sumber Daya Manusia (SDM) kader Fatayat NU. Supaya ke depan bisa lebih baik lagi, khususnya dari segi pemikiran,” ucapnya.

Ella menjelaskan, terbitnya buku Majmu' Fatayat merupakan salah satu buah dari pemikiran kader Fatayat NU. Dirinya berharap dengan hadirnya buku ini semoga bisa menjadi pedoman dan panduan bagi kader Fatayat dalam melaksanakan amalan Aswaja An-Nahdliyah.

Pada kegiatan Semaan Al-Quran dan rilis perdana buku Majmu Fatayat, turut dihadiri dari perwakilan PCNU, Muslimat NU, GP Ansor, IPNU, IPPNU Kabupaten Pekalongan dan tamu undangan lainnya.

Kontributor: Khairul Anwar


Regional Terbaru