• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 4 Februari 2023

Regional

Peringati Harlah ke-62, PMII Temanggung: Mari Kita Rawat Peradaban

Peringati Harlah ke-62, PMII Temanggung: Mari Kita Rawat Peradaban
Sarasehan peringati Harlah ke-62 PMII (Foto: NU Online Jateng/Miftah)
Sarasehan peringati Harlah ke-62 PMII (Foto: NU Online Jateng/Miftah)

Temanggung, NU Online Jateng
Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Trisula Institut Islam Nahdlatul Ulama (Inisnu) Temanggung menggelar refleksi dalam rangka memperingati hari lahir ke-62 PMII di selenggarakan di Gedung Muslimat NU Temanggung pada Ahad (17/4/2022).


Ketua Komisariat Trisula Inisnu Temanggung Difla Ulfa Khasanah mengatakan, tema yang diangkat pada harlah PMII adalah 'Transformasi Gerakan Merawat Peradaban'. Maka, mulai sekarang, marilah kita bersama-sama merawat peradaban.


"Dalam potongan mars PMII, ada kata yang perlu kita resapi yaitu makna dari kata pembela bangsa penegak agama. Disitulah peran PMII dalam merawat peradaban, peradaban Islam maupun peradaban Indonesia. Sehingga perlu kita realisasikan bersama bagaimana kita membuat gerakan yang tidak jauh dari kata merawat peradaban," ujarnya.


Dijelaskan, dalam kegiatan harlah dimulai dengan acara shalawatan yang diiringi oleh Hadrah Trisula Inisnu Temanggung. Kemudian di acara selanjutnya diisi dengan sarasehan yang dihadiri oleh beberapa tokoh terkemuka antara lain Bupati Temanggung HM Al Khadziq, Wakil Ketua DPRD Temanggung H Muh Amin, Anggota DPRD Jawa Tengah Fraksi PKB HM Hendry Wicaksono, dan Ketua PC Muslimat NU Temanggung Ibu Ny Hj Suad. 


"Untuk acara puncak diisi dengan potong tumbeng sebagai simbol perayaan harlah PMII, dan dilanjut dengan buka bersama," ucapnya.


Rektor Inisnu Temanggung, KH Muh Baihaqi berpesan, agar para kader PMII tidak lupa akan tanggung jawab merawat merawat peradaban dan terus bergerak ke arah kemajuan.


“Kader PMII, Kader NU jangan antipati dengan budaya tulis-menulis dan budaya membaca, karena dengan memenuhi hal tersebut, kita semua bisa terus bergerak demi mengibarkan panji-panji pergerakan yang berkualitas dan kita bisa merawat peradaban, serta bisa berkhidmah untuk Nahdlatul Ulama," ungkapnya.





Ketua PC PMII Temanggung M Adi Sucahyo kepada NU Online Jateng, Rabu (20/4) berharap, kader PMII harus terdepan dalam setiap gerak laju di kampus-kampus, khususnya kader PMII Temanggung.


"PMII harus siap menjadi organisasi terdepan dalam menyongsong kemajuan, mentransformasikan gerakan, dan selau siap dalam berkhidmah untuk bangsa, negara, dan agama,” pungkasnya.
 
Ratusan Mahasiswa Inisnu Temanggung yang tergabung dalam PMII sangat berantusias mengikuti kegiatan sarasehan hingga akhir acara. Hal ini dibuktikan dengan semangat para peserta saat mengikuti sarasehan di bulan Ramadhan.


Pengirim: Miftah Pradika 


Regional Terbaru