• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

LAZISNU Kudus Bagikan 300 Sepeda untuk Yatim

LAZISNU Kudus Bagikan 300 Sepeda untuk Yatim
Ketua PW LAZISNU Jateng HM Mahsun menyerahkan sepeda kepada anak yatim Kudus (Foto: NU Online Jateng/Umi)
Ketua PW LAZISNU Jateng HM Mahsun menyerahkan sepeda kepada anak yatim Kudus (Foto: NU Online Jateng/Umi)

Kudus, NU Online Jateng
Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Kudus menyelenggarakan kegiatan pembagian santunan ratusan sepeda kepada anak yatim di Gedung Jamiyyatul Hujjaj Kudus (JHK) Kudus, Ahad (11/09). 


Pengurus Wilayah (PW) LAZISNU Jawa Tengah H Muhammad Mahsun mengapresiasi agenda-agenda yang ada di LAZISNU Kabupaten Kudus. Ia juga menyampaikan, “Saya melihat saat ini bidang pendidikan sudah baik berupa beasiswa kepada anak-anak kita, sementara di bidang kesehatan memang harus segera dipikirkan,” ujarnya. 


Menurutnya, yang perlu disoroti adalah pilar ekonomi. Karena di program LAZISNU ada program wakaf uang yang merupakan mandat dari PBNU untuk dilaksanakan.  “Jika wakaf uang diputarkan dalam bentuk usaha, saya yakin cita-cita besar NU Kab Kudus bisa diwujudkan,” bebernya.

 
Dirinya mengimbau kepada jajaran UPZIS di tingkat kecamatan atau ranting untuk segera menjalankan komitmen guna mewujudkan demografi di Kudus yang tidak kalah dengan kabupaten lain. "Tetap semangat, ini menjadi tanda bahwa peran dan kemajuan NU kita bisa liat bersama,” ucapnya.


Ketua LAZISNU Kudus HM Ihdi Fahmi Tamami mengatakan, Total ada 300 sepeda baru yang berasal dari donatur LAZISNU dari berbagai daerah. Pembagian sepeda yatim  merupakan yang keempat kalinya yang sudah berlangsung dari 2019 hingga nanti di 2024. 


“Santunan yatim ini merupakan program ikon di LAZISNU Kudus. Sebab boleh dikatakan santunan massal LAZISNU yang jumlahnya banyak hingga ratusan secara total hanya ada di Kudus,” katanya.





Ia menambahkan, penerima sepeda berasal dari seluruh ranting NU di Kudus yakni anak yatim di masing-masing ranting yang menerima santunan sepeda sebanyak 2 orang.


“Anak yatim dari keluarga tidak mampu yang didasari surat keterangan tidak mampu dari desa setempat dengan harapan sepeda yang disalurkan dari keluarga tidak mampu benar- benar tepat sasaran yang dimanfaatkan dengan baik,” terangnya.


Dalam rilisnya ke NU Online Jateng, Senin (12/9/2022) Dirinya turut berbahagia bisa melihat anak-anak yatim bisa memanfaatkan sepeda baik itu untuk sekolah, ngaji hingga ziarah ke makam oang tua.


“Harapannya sepeda ini bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan baik oleh para anak yatim serta mohon doa agar LAZISNU Kudus bisa mengemban amanah dengan baik,” harap H Fahmi.


Bupati Kudus Hartopo yang diwakili Kabag Kesra Syafi’i menyampaikan, LAZISNU Kudus bersama badan-badan lainnya sudah mengambil peran untuk meningkatkan kesejahteraan yatama yang ada di Kabupaten Kudus. 
 

“Anak-anak kita tidak hanya sekadar membutuhkan moda transportasi akan tetapi ada keperluan asupan gizi, perlengkapan sekolah, dan lain-lain, sehingga diperlukan dukungan dari segala pihak,” pungkasnya.


Pengirim: Umi, Adib


Regional Terbaru