• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 28 Mei 2024

Regional

Kopdar Mobil Layanan Umat, LAZISNU Kudus: Driver Harus Profesional

Kopdar Mobil Layanan Umat, LAZISNU Kudus: Driver Harus Profesional
Kopdar driver ambulans LAZISNU Kudus (Foto: NU Online Jateng/Afina)
Kopdar driver ambulans LAZISNU Kudus (Foto: NU Online Jateng/Afina)

Kudus, NU Online Jateng
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kudus adakan kopdar dan short course mobil layanan umat dan ambulans. Kegiatan bertempat di Montain View Residence (MVR) Bae Kudus bertujuan untuk menyelaraskan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan membekali driver profesional dalam pelayanan pada Ahad (27/3/2022).


Ketua LAZISNU Kudus H Ihdi Fahmi Tamami mengatakan, LAZISNU saat ini semakin eksis di berbagai daerah di Jateng sudah banyak yang memiliki ambulans bahkan mayoritas MWCNU di Jateng sudah memilikinya. 


"Jadi harus siap jadi sasaran tembak oleh pihak lain. Makanya kita cari kader yang militan dan profesional dalam memberikan pelayanan. Sekarang Unit Pengumpul Zakat Infaq dan Sedekah (UPZIS) merupakan sosok perawan yang menarik. Karena UPZIS adalah ujung tombak LAZISNU dalam mengumpulkan dana dari masyarakat," ujarnya.


Fahmi menyakinkan pada UPZIS agar mempunyai niat khidmat dengan ikhlas. Insyaallah akan membawa keberkahan untuk organisasi dan keluarga dari masing-masing pengurus.


"Harapannya dalam kegiatan ini memberikan kemudahan dalam pelayanan masyarakat dan tidak ada perbedaan pelayanan di UPZIS karena sudah 1 SOP," tambahnya.


Ketua panitia Kopi Darat (Kopdar) Zakarian kepada NU Online Jateng, Senin (28/3) menjelaskan, kopdar dan short course mobil layanan umat dan ambulans baru dilaksanakan pada tahun 2022.


"Pesertanya terdiri dari seluruh Unit Pengelola Zakat Infaq Sedekah (UPZIS) se Kabupaten Kudus yang memiliki mobil layanan umat dan ambulans," terangnya.





Zakaria menambahkan, di Kudus saat ini sudah ada 2 UPZIS tingkat ranting atau desa yang memiliki mobil layanan dan ambulans yakni di Desa Cranggang (Dawe) dan Jepang Pakis (Jati).


"Mobil tersebut melayani umat sebagai mobil penumpang, ambulans, dan jenazah. Bisa juga pelayanan darurat," katanya. 


Salah satu sopir mobil layanan umat dari UPZIS Dawe Suyitno mengatakan bahwa dalam pelayanan pasti ada kendala yang sering ditemui.


"Saat ada layanan darurat, kita diharuskan cepat sampai pada tujuan. Ada sedikit cerita, suatu ketika saya mengantarkan pasien darurat melewati medan sulit bahkan tidak mungkin untuk dilewati. Saya berwasilah kepada mbah KH Hasyim Asy'ari dan shalawat agar dilancarkan perjalanannya dan dihilangkan rintangannya," ucapnya.


Laki-laki yang sudah jadi sopir mobil layanan umat sejak 2018 ini juga pernah mengantarkan jenazah ke Pringsewu, Lampung.


"Saat ziarah ke Sunan Kudus, ada salah satu peziarah meninggal dunia karena kecapean. Kelurga menginginkan jenazah di bawa pulang kampung halaman. Karena keterbatasan biaya, diarahkan ke UPZIS Dawe. Diantarkan dari Kudus-Sumatera dengan menggunakan mobil ambulans Dawe dengan biaya murah, cukup  ganti uang bensin pergi pulang saja," jelasnya.


Suyitno membeberkan motivasinya yakni mengikuti dawuh para kiai khoirunnas anfa'uhum linnas 'sebaik-baiknya manusia adalah orang yang bermanfaat bagi manusia lainnya'. 


"Harapannya para sopir mobil layanan umat dan ambulans bisa sinergi di seluruh UPZIS Kabupaten Kudus. Bahkan bisa bersinergi di tingkatan nasional," pungkasnya.


Kontributor: Afina Izzati


Regional Terbaru