• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 28 September 2022

Regional

SATU ABAD NU

Istighotsah Satu Abad NU di Demak, PCNU Minta Banser Siapkan 300 Personel

Istighotsah Satu Abad NU di Demak, PCNU Minta Banser Siapkan 300 Personel
Foto: Ilustrasi (istimewa)
Foto: Ilustrasi (istimewa)

Demak, NU Online Jateng
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Demak meminta kepada Barisan Ansor Serbaguna (Banser) menyiapkan 300 personel untuk membantu pelaksanaan istighotsah dalam rangka menyongsong peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Masjid  Agung Demak, Sabtu 1 Muharram 1444 H atau (30/7) mendatang.


Sekretaris PCNU Demak H Abdul Hamid mengatakan, kegiatan istighotsah di Demak merupakan agenda perdana dari rangkaian kegiatan peringatan seabad NU yang  diselenggarakan PWNU Jateng. 


"Kami sudah berkoordinasi dengan Satkorcab Banser Demak. Kalau dibutuhkan penambahan personel, sewaktu-waktu Satkorcab Banser siap memenuhinya," kata Abdul Hamid di Demak.


Abdul Hamid mengatakan hal itu usai mengikuti rapat koordinasi PCNU, Satkorcab Banser dan Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Kabupaten Demak di Sekretariat PCNU Demak, Jl Sultan Fatah, Rabu (20/7).


Disampaikan, setelah ditunjuk PWNU Jateng untuk menjadi penyelenggara istighotsah, PCNU Demak langsung bergerak dan menunjuk salah seorang wakil ketua, KH Sakdullah menjadi ketua panitia daerah dan menggelar rapat koordinasi bersama Banser dan MWCNU se-Kabupaten Demak.


"Berdasarkan kajian perkiraan jumlah jamaah yang hadir jajaran pengurus NU, lembagan, badan otonom NU se-Jawa Tengah, dan nahdliyin Demak agar kegiatan dapat berjalan lancar dibutuhkan dukungan 300 personel Banser. Sedang untuk akomodasi logistik, transit atau penginapan dan lain-lainnya masih dalam proses penghitungan oleh panitia," terangnya.


Dia menambahkan, dalam waktu dekat pantia daerah akan segera berkoordinasi dengan badan otonom dan lembaga-lembaga PCNU Demak, setelah itu akan berkoordinasi dengan panitia wilayah bersama PWNU Jateng, sekaligus melaporkan persiapan yang telah dilakukan.


"Meski dibatasi jumlah jamaah yang hadir hanya jajaran pengurus, kami tidak bisa menolak jika warga NU di Demak dan sekitarnya akan hadir mengikuti istighotsah menyongsong 1 Abad NU," ungkapnya.


Wakil Sekretaris PWNU Jateng M Sokhib mengapresiasi PCNU Demak bersama panitia daerah yang segera mengambil langkah persiapan setelah menerima amanat dari PWNU Jateng  untuk menyiapkan kegiatan istighotsah dalam rangka memperingati seabad NU.

"Kami berharap agar koordinasi terus dilakukan sehingga rangkaian persiapan dan pelaksanaan acaranya berjalan lancar," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda
 


Regional Terbaru