• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Regional

Ditunjuk Jadi Tempat Istighotsah Tingkat Jateng, PCNU Demak: Kami Siap

Ditunjuk Jadi Tempat Istighotsah Tingkat Jateng, PCNU Demak: Kami Siap
PCNU Demak dan PWNU Jateng gelar rapat koordinasi persiapan istighotsah 1 Abad NU (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
PCNU Demak dan PWNU Jateng gelar rapat koordinasi persiapan istighotsah 1 Abad NU (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Semarang, NU Online Jateng 
Ketua Pengurus Cabang NNahdlatul Ulama (PCNU) Demak KH Aminuddin Mas'udi mengatakan, pada prinsipnya PCNU dan nahdliyin di Demak siap menjalankan amanat dari PWNU Jateng ditugasi untuk menjadi pelaksana acara istighotsah.


"Kami menyatakan siap menjadi tuan rumah istighotsah tingkat Jawa Tengah dalam rangka menyongsong peringatan Tahun Baru islam 1444 Hijriah dan 1 Abad NU yang ditempatkan di Masjid Agung Demak," ujarnya.


Pernyataan kesiapan itu disampaikan pada saat rapat koordinasi dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng di Sekretariat Jalan dt Cipto 180, Semarang pada Senin (18/7/2022) kemarin.


Dikatakan, untuk menyiapkan agenda istighotsah yang tinggal hitungan hari, PCNU Demak  akan segera berkoordinasi dengan dengan banom dan lembaga serta seluruh MWCNU untuk mensukseskan kegiatan ini. 


"Karena acara dimulai setelah shalat subuh, maka akan disiapkan fasilitas transit bagi peserta istighotsah dari luar kota yang kemungkinan besar akan tiba di Demak pada hari Jumat petang atau malam," ucapnya.


Dijelaskan, lokasi transit akan disiapkan di mess Masjid Agung Demak, Kantor PCNU, MTs-MANU, dan sejumlah pesantren yang berlokasi di sekitar Masjid Agung Demak. 


"Kami akan kerahkan seluruh potensi nahdliyin di Demak untuk menghormati dan melayani  para masyayikh dan jama'ah istighotsah dari cabang-cabang NU se-Jateng," ucapnya.


Dikatakan, istighotsah akan diselenggarakan di Masjid Agung Demak, Sabtu (30/7) dimulai setelah shalat Subuh hingga pukul 10.00. Kegiatan akan diikuti seluruh personil PWNU Jateng bersama badan otonom (banom) dan lembaga serta PCNU (rais, katib, ketua, dan sekretaris) se-Jateng bersama banom tingkat cabang (lima orang/banom).


"Kegiatan istighotsah akan diawali dengan maulid dziba, pembacaan istighotsah, dan doa oleh 17 orang kiai sepuh di Jateng," terangnya.





Sekretaris PC Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Demak H Muhammad Nur Ihsan kepada NU Online Jateng, Selasa (19/7/2022) menyampaikan, pihaknya sangat mendukung penuh kegiatan istighotsah yang akan berlangsung di Demak.


"Bagi kami ini sebuah kehormatan dapat menjadi tuan rumah acara tingkat Jateng. Apalagi istighotsah ini untuk menyemarakkan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah dan peringatan 1 Abad NU. Kami akan totalitas mengerahkan massa nahdliyin," ujarnya.


Menurutnya, sebagai 'Kota Wali' Demak akan mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki Kabupaten Demak. Selain memobilisir warga NU untuk hadir beristighotsah, juga akan menjadi tuah rumah yang baik menjadi khadimul ummah bagi para tamu undangan yang datang dari berbagai pelosok Jateng. 


Penulis: Samsul Huda


Regional Terbaru