• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Regional

Alumni Pengkaderan NU Kaliori Rembang Gelar Ziarah Wali di Jatim

Alumni Pengkaderan NU Kaliori Rembang Gelar Ziarah Wali di Jatim
Kegiatan wisata religi Nahdliyin kaliori Rembang ke Jatim (Foto: NU Online Jateng/Lilik)
Kegiatan wisata religi Nahdliyin kaliori Rembang ke Jatim (Foto: NU Online Jateng/Lilik)

Rembang, NU Online Jateng
Menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, nahdliyin di Kaliori, Kabupaten Rembang menggelar ziarah wali 5 Jawa Timur dan pendiri NU pada Jumat-Sabtu (26-27/8/2022). 


Kegiatan yang dimulai Jumat sore hingga Sabtu malam dipelopori oleh anggota alumni Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) Kaliori atau angkatan VI PCNU Rembang diikuti jajaran Pengurus MWCNU Kaliori, puluhan anggota alumni PKPNU, dan warga NU.


Ketua panitia ziarah Muhammad Juri mengatakan, kegiatan ziarah sengaja memilih bulan Agustus untuk mengenang jasa-jasa para kiai dan dalam rangka memperingati kemerdekaan RI.


“Karena dalam sejarah kemerdekaan Indonesia itu tidak lepas dari jasa para kiai dan santri,” jelasnya.


Disampaikan, tujuan kedua diadakan ziarah di antaranya adalah untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, karena kita tahu adanya pandemi lebih dari 2 tahun ini alumni PKPNU tidak ada kegiatan sama sekali. 


“Semoga acara ziarah wali bisa diagendakan menjadi acara tahunan dan ke depannya alumni PKPNU tetap bersemangat berkhidmah para kiai, khidmah berorganisasi, semangat untuk berorganisasi,” ucapnya.





Ketua Alumni PKPNU Kaliori Muhammad Alim kepada NU Online Jateng, Rabu (31/8/2022) menjelaskan, alumni PKPNU Kaliori ini sangat luar biasa dibanding dengan alumni-alumni kecamatan lain.


“Karena kita tahu, tiap 3 bulan sekali alumni PKPNU Kaliori rutin kumpul di ranting-ranting yang ada anggota alumni PKPNU,” katanya.


Penasihat Pimpinan Ranting GP Ansor Desa Dresi Wetan ini menambahkan, dengan menggunakan rombongan dua bus ini tujuan ziarah antara lain Syekh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi (Ayah Sunan Ampel) dan Syekh Maulana Makhdum Ibrahim (Sunan Bonang).


“Kegiatan ziarah dilanjutkan ke Raden Qosim (Sunan Drajat), Syaikh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik), Muhammad Ainul Yakin (Sunan Giri), Syaikhona Kholil Bangkalan, Raden Muhammad Ali Rahmatullah (Sunan Ampel), dan yang terakhir ke pendiri NU Hadratus Syekh KHM Hasyim Asy’ari dan Presiden ke-4 KH Abdurrohman Wahid (Gus Dur),” pungkasnya.


Kontributor: Moh Lilik Wijanarko


Regional Terbaru