• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 4 Februari 2023

Regional

HARLAH KE-88 GP ANSOR

Semarak Ramadhan dan Harlah, Ansor Kaliori Rembang Adakan Donor Darah

Semarak Ramadhan dan Harlah, Ansor Kaliori Rembang Adakan Donor Darah
Donor Darah GP Ansor Kaliori Rembang (Dok. Ansor Kaliori)
Donor Darah GP Ansor Kaliori Rembang (Dok. Ansor Kaliori)

Rembang, NU Online Jateng
Beragam cara dilakukan untuk berbagi kebaikan di bulan Ramadhan ini. Seperti yang dilakukan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Kaliori, Rembang yang bekerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rembang menggelar bakti sosial donor darah di Pendopo Kantor Desa Tunggulsari, Kaliori, belum lama ini (23/4).

Kegiatan yang diprakarsai Bidang Komunikasi Informasi, Sosial, dan Kepemudaan (Komsosda) Ansor Kaliori dan Unit Khusus Banser Husada (Basada) Kecamatan Kaliori ini untuk umum warga masyarakat Kecamatan Kaliori Rembang dan desa di sekitarnya, termasuk Desa Pecangaan dan Gajahkumpul Pati.

Dalam rilis yang diterima NU Online Jateng, Kamis (28/4), Koordinator Aksi Kemanusiaan Donor Darah Moh Lilik Wijanarko mengatakan, kegiatan bakti sosial donor darah di bulan Ramadhan ini sudah terselenggara dua kali. Untuk donor darah kali ini, diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Harlah ke-88 GP Ansor.

“Kegiatan donor darah yang rutin diselenggarakan setiap tahun saat bulan suci ramadhan ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan stok darah, mengantisipasi penurunan jumlah pendonor, dan untuk memenuhi kebutuhan permintaan darah,” kata Ketua Bidang Komsosda GP Ansor Kaliori itu.

Ditambahkan, program ini mendapat respons yang baik dari masyarakat, dibuktikan dengan antusias masyarakat yang mengikuti kegiatan donor darah ini.

“Mari kita berdonor darah, karena manfaat donor darah akan dirasakan oleh si pendonor dan penerima darah tersebut,” kata dia.

Salah satu pendonor perempuan, Faroh Budianingsih di sela-sela kegiatan menyampaikan, donor darah merupakan kegiatan sosial yang sangat bermanfaat, terutama bagi pendonor perempuan. “Kita tahu bahwa perempuan mempunyai siklus menstruasi setiap bulan, siklus ini adalah proses mengeluarkan darah kotor dalam tubuh,” terangnya. 

Dijelaskan, ada beberapa perempuan yang tidak mengalami siklus ini. Antara lain perempuan yang mengikuti program KB, menyebabkan mereka tidak mengalami menstruasi. Maka, donor darah sangat dianjurkan untuk dilakukan, dengan donor darah sel-sel darah tua dikeluarkan dan tubuh akan membentuk sel-sel darah baru.

“Dengan demikian tubuh akan menjadi lebih segar dan sehat, mari kita gerakkan kegiatan donor darah,” jelas Faroh yang juga Kepala ‘KB Ceria’ Desa Dresi Kulon.

Petugas PMI Kabupaten Rembang, Ervin Nur Cahyanti menjelaskan, kegiatan bakti sosial donor darah yang dilaksanakan waktu bulan puasa ini sekaligus bisa menjadi ladang pahala bagi pendonor yang sukarela untuk mendonorkan darah.

“Kami apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada relawan-relawan dari Banser dan warga Tunggulsari yang sudah berpartisipasi untuk donor darah,” ucapnya. 

Staff Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Kabupaten Rembang ini berharap, mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tiga bulan sekali dan bermanfaat untuk semua. Dari kegiatan donor darah Ansor Kaliori ini, diperoleh total 58 kantong.


Regional Terbaru