• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Pendidikan Tinggi

Dosen Unwahas Semarang Helmy Purwanto Dikukuhkan Jadi Guru Besar Bidang Teknik 

Dosen Unwahas Semarang Helmy Purwanto Dikukuhkan Jadi Guru Besar Bidang Teknik 
Prof Helmy Purwanto (kanan) saat menerima plakat dari rektor Unwahas (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
Prof Helmy Purwanto (kanan) saat menerima plakat dari rektor Unwahas (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Semarang, NU Online Jateng 
Dosen Fakultas Teknik (FT) Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang Helmy Purwanto dikukuhkan sebagai guru besar bidang teknik. Pengukuhan dipimpin Rektor Unwahas Prof KH Mudzakir Ali di Aula Fakultas Farmasi, kampus II  Unwahas di Gunungpati Semarang, Senin (1/2/2024).


Dalam pengukuhan itu Prof Helmy yang juga Wakil Rektor IV  (bidang kerjasama) menyampaikan, orasi ilmiah berjudul 'Pengembangan Material Tahan Balistik untuk Kemandirian Bangsa dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan.'


"Baja tertuang dalam Al-Qur'an, baja merupakan material yang kuat dan dapat dikuatkan melalui pemanasan, baja digunakan sebagai bahan untuk melindungi diri dari ancaman musuh," kata Prof Helmy.


Menurutnya,  dalam ilmu metalurgi modern, baja masih digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan bahan tahan balistk, jika dinamika geopolitik dan komplektitas ancama keamanan bangsa Indonesia, maka hal ini menjadi salah satu dasar ilmu yang perlu dipelajari.
 

Potensi ancaman pertahanan keamanan bangsa Indonesia lanjutnya, menjadi satu hal penting yang harus diperhatikan, karena posisi geografis Indonesia dikelilingi negara maju dan negara yang sedang berkonflik baik secara politik maupun secara ekonomi.


"Selain potensi posisi geografis, potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah juga menjadi potensi penting yang juga harus dilindungi," ujarnya.


Wakil Ketua Yayasan Wahid Hasyim Semarang (YWHS)  Prof KH Abu Hapsin Umar menyampaikan, sebagai dosen PTNU Prof Helmy telah memberikan contoh bentuk spiritualisasi ilmu yang baik "Ini merupalan salah satu bentuk dari spiritualisasi ilmu-ilmu pengetahuan modern," terangnya.


Ketua Senat yang juga Rektor Unwahas Prof KH Mudzakkir Ali menjelaskan, pengukuhan guru besar ini merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi seluruh Civitas Academica Unwahas.


"Hari ini kami melaksanakan acara sidang Senat Akademik dengan pengukuhan Guru Besar, kami bersyukur dan berharap agar dosen lain di lingkungan Unwahas dapat termotivasi untuk terus meningkatkan gelar akademiknya," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Pendidikan Tinggi Terbaru