• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 14 Agustus 2022

Nasional

Peringatan Satu Abad NU untuk Kebangkitan Peradaban Baru

Peringatan Satu Abad NU untuk Kebangkitan Peradaban Baru
Foto: Ilustrasi (istimewa)
Foto: Ilustrasi (istimewa)

Jakarta, NU Online Jateng
Ketua Pelaksana Peringatan Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama Hj Zannuba Arifah Chafshoh menjelaskan, seratus tahun merupakan kebangkitan NU yang menandai lahirnya sebuah peradaban baru.


“Kebangkitan ini adalah kata yang sangat kuat sekali karena mengindikasikan, mengkonotasikan peradaban, lahirnya sebuah peradaban baru,” ujar perempuan yang akrab dikenal Yenny Wahid itu saat Konferensi Pers di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin pekan lalu.


Menurutnya, semangat kebangkitan inilah yang diangkat untuk menyemarakkan harlah satu abad NU. “Itu semangat yang diusung, yang telah ditugaskan kepada kami untuk diusung dalam harlah keseratus tahun NU,” ucapnya.


Dijelaskan, ada berbagai agenda strategis dalam menyemarakkan harlah keseratus NU ini. Namun, hal paling utama adalah melakukan kontekstualisasi dari berbagai macam gerakan yang menjadi dasar NU.


Dikutip dari NU Online, Yenny menyebut Nahdlatut Tujjar (Kebangkitan Saudagar), sebagai salah satu organisasi yang menggerakkan ekonomi pada masa sebelum pendirian NU. Organisasi ini berdiri pada tahun 1918 dan menjadi penyokong pendirian NU pada 1926.


"Dasar gerakan NU lainnya adalah di bidang pemikiran NU yang berakar pada tradisi dan berkontribusi pada pembentukan dunia yang berkeadaban. Hal ini merupakan kontekstualisasi ulang dari taswirul afkar, sebuah komunitas diskusi yang digagas KH Abdul Wahab Chasbullah bersama koleganya di Surabaya," terangnya.


Hal lain yang menjadi fokus agenda rangkaian Harlah 1 Abad NU adalah di bidang kepemimpinan dunia yang mengakar pada tradisi, tetapi tetap berkiprah di skala global.


“Itu tiga agenda strategisnya untuk menuju kebangkitan kembali secara kolektif, kesadaran warga NU tentang mandat peradaban yang harus dilaksanakan dalam berbagai hikmah untuk mencapai kemaslahatan umat manusia,” jelasnya.


Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa tengah KHM Muzamil epada NU Online Jateng, Ahad (26/6/2022) mengatakan, peringatan 1 Abad NU tingkat Jawa Tengah sedang dipersiapkan dengan melibatkan seluruh jajaran pengurus harian NU, lembaga, dan Badan Otonom.


"Soal bentuk dan jenis kegiatannya masih dalam proses pembahasan. Yang jelas kegiatan ini juga akan sampai tingkat cabang, MWC dan Ranting NU se-Jateng," pungkasnya.


Sebagaimana diketahui, NU lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 16 Rajab 1344 H. Saat ini, tahun Hijriah sudah memasuki penghujung tahun 1443 H, yakni bulan kesebelas, Dzulqa’dah. Kurang dari sembilan bulan lagi, NU akan menggenapi usianya yang keseratus tahun atau satu abad dan memasuki abad keduanya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony
 


Nasional Terbaru