• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Dinamika

Peringati Harlah NU Ke-96, Ansor Ranting Kebongunung Purworejo Ziarah Ulama 

Peringati Harlah NU Ke-96, Ansor Ranting Kebongunung Purworejo Ziarah Ulama 
Ansor Kebongunung, Loano, Kebumen gelar wisata religi ziarah muassis NU di Magelang (Foto: NU Online Jateng/Rohadi)
Ansor Kebongunung, Loano, Kebumen gelar wisata religi ziarah muassis NU di Magelang (Foto: NU Online Jateng/Rohadi)

Purworejo, NU Online Jateng 
Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Kebongunung, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo melakukan ziarah kubur ke makam Muassis (pendiri) Nahdlatul Ulama di Kabupaten Magelang dalam rangkaian memperingati Hari Lahir ke-96 NU, Kamis (10/2). 


Ketua GP Ansor Kebongunung Kiai Amanudin mengatakan, ziarah ke makam muassis merupakan bentuk penghormatan dan cinta kepada para ulama pendiri NU yang telah berjuang sehingga NU dapat eksis dan terus memberi manfaat untuk ummat.  


"Dengan dilaksanakan ziarah ini kita ingin menyambungkan energi dan keberkahan dengan para pendiri ulama NU. Sehingga kita generasi muda ini bisa merasakan jasa-jasa yang ditorehkan oleh beliau," ujarnya. 


Dijelaskan, makam yang diziarahi di antaranya makam KR Zaenudin Syafi'i, Simbah Kiai Nur Muhammad Ngadiwongso, Simbah Mad Watucongol Santren, Simbah Kiai Raden Santri Gunung Pring, dan Makam Simbah Kiai Abdurrahman Tubur, dan Simbah Kiai Abdul Hamid Banjar Agung. 


Amanudin berharap, GP Ansor Kebongunung bisa menjaga warisan para ulama khususnya amaliah-amaliah ke-NUan, seperti tawassut, Tawazun, dan Tasamuh. "Terpenting kita ini bukan berpaham ekstrim kiri atau kanan. Kita ini ada di tengah-tengah,” pesannya. 


Disampaikan, agenda ziarah juga sekaligus dalam rangka menyemarakkan Bulan Rajab dan sebagai momen konsolidasi bersama elemen pimpinan ranting dengan anggota sehingga akan tercipta koordinasi dan komunikasi yang semakin baik. 


"Ke depannya tidak hanya ziarah saja, namun banyak agenda-agenda besar yang akan segera dilaksanakan dalam memantapkan perjuangan 1 tahun berdirinya Ansor Desa Kebongunung," terangnya. 


Semangat ini lanjutnya, menjadi bagian penting sehingga ke depannya ghirah perjuangan akan terasa dan semakin mendarah daging. "Menjadikan etos kerja yang tinggi dalam mengamalkan Nilai Nilai Ahli Sunnah Wal Jamaah An Nahdliyyah," terangnya. 


Salah satu peserta ziarah Mahsun mengaku senang bisa berziarah ke makam muassis NU di Magelang. Baginya ini pengalaman menarik, karena bersama jajaran pengurus Ansor bisa berkirim doa, bermunajat sekaligus meneladani perjuangan para pendiri NU.


"Kami berharap, kegiatan ziaran bisa dilakukan secara rutin dengan tempat bergantian di wilayah lainnya di Jawa Tengah," pungkasnya.


Kontributor: Achmad Rohadi
Editor: M Ngisom Al-Barony


Dinamika Terbaru