• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Regional

NU Pekalongan: Peringatan Harlah NU untuk Tambah Spirit Khidmah

NU Pekalongan: Peringatan Harlah NU untuk Tambah Spirit Khidmah
Rais PCNU Kota Pekalongan, KH Romadhon Abdul Jalil (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)
Rais PCNU Kota Pekalongan, KH Romadhon Abdul Jalil (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)

Pekalongan, NU Online Jateng
Rais pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan KH Romadhon Abdul Jalil menegaskan, peringatan Hari Lahir (Harlah) NU bukan semata untuk mensyukuri nikmat atas perjalanan NU selama ini, akan tetapi lebih utama untuk menambah spirit berkhidmah untuk jamiyah maupun jamaah.


"Kita sering melupakan esensi dari peringatan Harlah NU. Di mana sesungguhnya adalah untuk menambah ghirah dan semangat lebih baik menjadi pelayan umat," ujarnya.


Hal itu disampaikan Kiai Ramadhon pada acara puncak peringatan Harlah ke-99 NU tingkat Kota Pekalongan di Gedung Aswaja Jalan Sriwijaya 2 pada Sabtu (19/2) kemarin. 


Dikatakan, rangkaian Harlah NU yang dihelat Kota Pekalongan tahun ini digelar berbeda pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini selain ada istighotsah dan refleksi, panitia juga telah menggelar upgrading pengurus, lembaga dan badan otonom NU dari cabang hingga ranting.


"Ini dilakukan agar ada semangat dalam berkhidmah. Hal ini penting kami lakukan, mengingat khidmah di organisasi diperlukan tekad yang kuat, agar godaan-godaan yang menjadi penyakit pengurus bisa dihilangkan," terangnya.


Oleh karena itu, dirinya mewakili PCNU Kota Pekalongan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, utamanya jajaran pengurus MWC dan Ranting NU se kota Pekalongan yang telah membersamai PCNU menggelar Harlah di tempat masing-masing.


"Tahun ini memang gebyarnya tidak tampak, karena kegiatan harlah didistribusikan ke MWC dan Ranting NU, sehingga pada puncak Harlah di Gedung Aswaja tidak seramai tahun-tahun sebelumnya," ungkapnya.




Kegiatan Halaqah dalam rangka puncak peringatan Harlah ke-99 NU yang dihelat PCNU Kota Pekalongan dengan narasumber Sekretaris PWNU jateng KH Hudallah Ridwan Naim (Foto: M Ngisom Al-Barony)


Ketua Panitia Harlah NU Abdul Adhim kepada NU Online Jateng, Selasa (22/2) menjelaskan, beberapa rangkaian peringatan Harlah ke-99 NU tingkat Kota Pekalongan antara lain pasang bendera NU di seluruh titik dan sudut Kota Pekalongan, masjid, mushala, dan madrasah milik NU.


"Juga istighotsah dan refleksi harlah, upgrading pengurus, ziarah masyayekh NU, apel harlah, peresmian SD Islam Nusantara, halaqah, dan ziarah muassis NU di Jombang," terangnya.


Dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya acara yang dihelat PCNU Kota Pekalongan. "Semoga tahun depan peringatan bertepatan 1 abad NU dapat digelar lebih meriah lagi," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony
Editor: Samsul Huda


Regional Terbaru