• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Nasional

PWNU Jateng-Ikatan Alumni ITB Tandatangani MoU di Arena Muskerwil dan Harlah NU

PWNU Jateng-Ikatan Alumni ITB Tandatangani MoU di Arena Muskerwil dan Harlah NU
Perwakilan Ikatan Alumni ITB saat silaturahim dengan PWNU Jateng (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
Perwakilan Ikatan Alumni ITB saat silaturahim dengan PWNU Jateng (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Semarang, NU Online Jateng
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah bersama Ikatan Alumni (IA) Institut Teknologi Bandung (ITB) akan menandatangani naskah kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) di bidang pengembangan teknologi tepat guna.


Sekretaris PWNU Jateng KH Hudallah Ridwan Naim mengatakan, penandatanganan MoU akan dilakukan pada saat upacara pembukaan Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) dan peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-99 Nahdlatul Ulama (NU) di Convention Hall Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Kamis (10/2).


"Ketua PWNU Jateng KH Muhammad Muzamil akan mewakili PWNU Jateng, sedangkan IA ITB Pusat akan diwakili ketua umumnya Gembong Primajaya," kata Gus Huda di Semarang, Rabu (9l/2).


Disampaikan, dalam merealisasikan beberapa program PWNU Jateng yang dilaksanakan  lembaga dan badan otonom (banom)nya sangat membutuhkan dukungan berbagai fasilitas yang terkait dengan teknologi tepat guna.


"Karena itulah, PWNU mengandeng para akademisi, praktisi, pelaku usaha, dan  profesional alumni perguruan tinggi teknologi favorit yakni ITB yang merasa terpanggil untuk mensupport program-program NU di berbagai bidang," ucapnya.


Ditambahkan, sejumlah program yang membutuhkan supporting teknologi itu berada di bidang pendidikan, pertanian, perikanan, ekonomi, dan teknologi informasi. Sejumlah SMK Ma'arif dan PTNU saat ini sedang menggalakkan program akselerasi atau percepatan peningkatan mutu dan kualitas program studi teknologi yang dikelolanya.


"Hadirnya IA ITB ujarnya, diharapkan dapat mendampingi lembaga pendidikan NU dalam memanfaatkan, mengembangkan dan penguasaan teknologi. Tentu di bidang lainnya juga demikian, misalnya para petani organik yang dibina NU Jateng juga membutuhkan fasilitas mekanik yang tidak jlimet.


"Kepada Nahdliyin diharapkan bersiap menerima alih teknologi yang akan dilakukan para alumni ITB melalui berbagai program kerja sama yang akan disiapkan bersama secepatnya," tuturnya.


Wakil Rektor IV  Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang yang membidangi kerja sama Helmy Purwanti merespons positif terobosan PWNU Jateng yang merintis kerja sama dengan IA ITB.


"Fakultas Teknik Unwahas yang membawahi beberapa program studi siap berpartisipasi dan mensuksekan program kerja sama ini," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda
Editor: M Ngisom Al-Barony


Nasional Terbaru