• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Nasional

Munas 1 Jamiyah Ruqyah Aswaja di Mojokerto Jatim, Gus Wahab Nahkoda Baru 

Munas 1 Jamiyah Ruqyah Aswaja di Mojokerto Jatim, Gus Wahab Nahkoda Baru 
Kegiatan Munas JRA di Mojokerto Jawa Timur (Foto: Dok)
Kegiatan Munas JRA di Mojokerto Jawa Timur (Foto: Dok)

Mojokerto, NU Online Jateng
Musyawarah Nasional (Munas) yang diselenggarakan oleh Jamiyah Ruqyah Aswaja (JRA) digelar selama 3 Hari, yakni 23-25 September 2022 berjalan dengan lancar. Berbagai macam agenda Munas terlaksana sesuai rundown acara yang telah disiapkan. 


Dalam sidang pleno pemilihan yang dipimpin Mujiz dan Pendiri JRA Allama Alaudin Siddiqi mengatakan proses pemilihan yang berlangsung sangat demokratis akhirnya menetapkan Abduk Wahab sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Jamiyah Ruqyah Aswaja.


"Saya, Allama Alaudin Siddiqi menyatakan sepakat dan menyetujui ketua umum terpilih yaitu Gus Abdul Wahab," kata Mujiz dan pendiri JRA Gus Allama Alaudin Siddiqi yang akrab dipanggil Gus Amak.


Secara simbolis, Gus Amak memberikan surbannya kepada Gus Wahab disusul dengan memberikan restu dan doa Para pembina pusat JRA yaitu KH Anwar Syafii dan KH Qolyubi Dahlan. 


Dalam siaran pers yang dikirim ke NU Online Jateng, Ahad (26/9/20220) Ketua panitia Munas JRA Nur Al-Hijr mengatakan, Munas JRA adalah kali pertama digelar. Pada Munas kali ini, beberapa agenda antara lain Sidang pleno tata tertib Munas, Sidang komisi Yayasan, Komisi Program, dan Komisi Rekomendasi, Laporan pertanggungjawaban PP JRA Periode 2017-2022, pemilihan ketua umum, dan berbagai acara lain.


"Dengan diadakan Munas ini, setelah laporan pertanggungjawaban maka seluruh Pengurus Pusat JRA demisioner dan menjadi anggota biasa. Setelah terpilih Ketua umum baru, maka tugas pertama ketua umum baru adalah membentuk tim formatur yang akan menyusun kepengurusan baru PP JRA," ucapnya. 





Disampaikan, dalam sidang komisi terbagi menjadi 3 yaitu Komisi Yayasan, Komisi Program, dan Komisi Rekomendasi. Hari kedua ditutup dengan hiburan Reog Ponorogo oleh JRA Ponorogo dan Musik gambus bersama Habib Alwi bin Musthofa Al-Habsy dan Group Gambus Kakek Merah.
 

"Pada hari ketiga agenda pemilihan ketua umum diawali dengan pembacaan tata tertib pemilihan ketua umum. Hasil akhir didapatkan Ketua umum terpilih yaitu Gus Abdul Wahab dan langsung ditetapkan dan disetujui oleh Dewan Pembina," ungkapnya. 


Ketua panitia lokal Alfin menyatakan rasa syukurnya kegiatan munas perdana JRA dapat berjalan dengan lancar dan sukses.


"Alhamdulillah, acara Munas 1 JRA yang diadakan di Jawa Timur tepatnya di PP Amanatul Ummah Mojokerto berjalan dengan lancar dan sukses. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak khususnya kepada shahibul bait yang luar biasa dukungannya yakni KH Asep Syaifuddin," pungkasnya.  (*)


Nasional Terbaru