• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Nasional

POSPENAS 2022

Buka Pospenas 2022, Menag: Sportivitas dan Kejujuran Itu yang Diajarkan Para Kiai

Buka Pospenas 2022, Menag: Sportivitas dan Kejujuran Itu yang Diajarkan Para Kiai
Menag RI H Yaqut Cholil Qoumas membuka Pospenas XI 2022 di Kota Solo (Foto: Dok)
Menag RI H Yaqut Cholil Qoumas membuka Pospenas XI 2022 di Kota Solo (Foto: Dok)

Solo, NU Online Jateng
Menteri Agama (Menag) RI H Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menyampaikan pesan pada acara pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX 2022 yang digelar di Stadion Manahan, Kota Solo, Rabu (23/11/2022) malam.

Dikatakan, Pospenas ini menjadi ajang untuk memunculkan atlet-atlet dari kalangan santri, serta juara dari ajang seni maupun olahraga. Namun, di atas itu semua yang terpenting adalah upaya untuk menjunjung sportivitas dan kejujuran.

"Sportivitas dan kejujuran itu yang utama, itulah yang diajarkan para kiai di pesantren. Praktikkan itu di sini," tegas Gus Yaqut.

Ditambahkan, santri bisa menjadi apa saja, baik dalam profesi maupun bentuk kebermanfaatan yang lain di masyarakat. "Santri bisa menjadi Presiden, Wakil Presiden, Menteri, Gubernur, dan lain-lain. Santri juga bisa menjadi atlet-atlet kebanggaan Indonesia, negeri yang kita cintai ini," kata dia.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor itu juga mengajak kepada para santri dan peserta upacara pembukaan Pospenas IX 2022 untuk ikut mendoakan masyarakat di Cianjur, Jawa Barat yang belum lama ini mengalami musibah gempa bumi.

"Ribuan santri, atlet, dan warga Solo berkumpul di tempat ini. Alhamdulillah, malam ini kita semua bergembira. Namun begitu, hari ini saudara-saudara kita di Cianjur sedang mengalami duka, maka mari kita menyampaikan doa untuk saudara-saudara kita di Cianjur. Semoga saudara-saudara kita senantiasa diberikan kekuatan dan ketabahan," ajak Menag.



Semarak pembukaan Pospenas XI 2022 di Stadion Manahan (Dok. Bib/ NUOL Jateng)


Diikuti Ribuan Atlet

Kepada NU Online Jateng, Kamis (24/11/2022) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jateng H Mustain Ahmad menyampaikan apresiasi dari semarak acara pembukaan Pospenas XI 2022.

"Kami selaku Kepala Kanwil Jateng menyampaikan hormat dan penghargaan kepada para Kakanwil dan pimpinan kontingen seluruh Indonesia, atas kerja sama dan dukungannya, sehingga nampak betul dalam pembukaan semalam berjalan semarak," ucapnya.

Dari keberhasilan acara pembukaan tersebut, ia berharap menjadi awal yang baik dari penyelenggaraan acara Pospenas.

"Semoga semua perlombaan, baik dari cabang seni dan olahraga berjalan dengan penuh persaudaraan dan persahabatan dalam kompetisi yang sehat, jujur untuk memberikan bekal yang sebaik-baiknya kepada para santri," pungkasnya.

Pantauan NU Online Jateng, acara pembukaan Pospenas berjalan meriah. Sejumlah artis dan penampilan lainnya, turut menyemarakkan jalannya acara.

Pospenas IX 2022 yang digelar di Kota Solo pada 23 hingga 27 November mendatang bakal mempertandingkan sejumlah jenis olahraga dan seni.  Kegiatan pada tahun ini diikuti oleh 2.838 peserta.

Penulis: Ajie Najmuddin


Nasional Terbaru