• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Dinamika

Sambut Ramadhan Ansor Sitail Tegal Ziarah Kubur Sesepuh Desa

Sambut Ramadhan Ansor Sitail Tegal Ziarah Kubur Sesepuh Desa
Kegiatan ziarah kubur jelang Ramadhan oleh Ansor Sitail, Jatinegara, Kabupaten Tegal (Foto: Dok)
Kegiatan ziarah kubur jelang Ramadhan oleh Ansor Sitail, Jatinegara, Kabupaten Tegal (Foto: Dok)

Tegal, NU Online Jateng
Ziarah kubur menjelang bulan Ramadhan menjadi pemandangan yang biasa bagi Muslim di Indonesia. Ranting GP Ansor Desa Sitail Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, melaksanakan ziarah kubur di makam yang dipercaya sebagai sesepuh desa pada Jumat (1/4/2022).


Ketua Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sitail, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal Tahmid mengatakan, Ansor Sitail sowan menziarahi makam-makam leluhur Desa Sitail yang berada dipemakaman umum Dukuh Kalisalam yaitu Mbah Dongkol dan Dusun Kalijambu Mbah Arumsari Mbah Malanggasih. 


"Ketiga makam sesepuh tersebut adalah leluhur desa atau yang babad desa ( mbubak yoso) Desa Sitail Kecamatan Jatinegara. Sowan ziarah ke makam leluhur desa ini selain untuk memanjatkan doa untuk para leluhur desa, juga untuk mengingat akan perjuangan dan pengabdian para leluhur terdahulu," ujarnya. 


Menurutnya, sowan ziarah sangat penting agar generasi-generasi muda sekarang ini tidak lupa sejarah tempat dimana kita berpijak. Untuk itu PR Ansor Sitail mengajak ke semua kader NU dan masyarakat khususnya desa Sitail agar ikut ziarah kubur ke para wali dan sesepuh desa yang diadakan secara rutin.


“Saya berharap mudah-mudahan kegiatan ini bisa istiqamah dijalankan, khususnya oleh sahabat-sahabat Ansor dan Banser Sitail, umumnya bagi seluruh kader NU dan masyarakat semua,” ujarnya berharap.


Ketua Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Sitail Ustadz Ahmad Jabidin kepada NU Online Jateng, Selasa (5/3) menjelaskan pentingnya mengingatkan generasi muda akan perjuangan para wali dan sesepuh yang menyebarkan ajaran agama Islam.


“Semoga dengan kegiatan ini dapat mengingatkan kita, pentingnya generasi muda mengingat perjuangan perjuangan para wali dan sesepuh untuk terus menyebarkan ajaran agama Islam yang Rahmatan Lil Alamin,” pungkasnya.
 


Dinamika Terbaru