• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

Ansor Garda Depan Tulang Punggung NU

Ansor Garda Depan Tulang Punggung NU
Kegiatan PKD Ansor Warureja, Kabupaten Tegal (Foto: NU Online Jateng/Nurkhasan)
Kegiatan PKD Ansor Warureja, Kabupaten Tegal (Foto: NU Online Jateng/Nurkhasan)

Tegal, NU Online Jateng
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) angkatan ke-2 di Madrasah Tsnawiyah (MTs) Nurul Ulum Banjarturi, Kecamatan Warureja Jumat-Ahad (28-30/1). Januari 2022.


Ketua Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Kabupaten Tegal Kiai Idris Salis mewakili Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Tegal menegaskan, Gerakan Pemuda Ansor merupakan tulang punggung NU. Ansor tidak butuh kita, tetapi kitalah yang butuh Ansor. 


"Kita hadir di sini diniati ikhlas berhidmah li Nahdhatul Ulama. Saya juga mengingatkan peran Ansor Banser menjadi garda terdepan dalam mencegah Radikalisme. Kader Ansor harus satu komando dan satu instruksi. Jadilah kader yang totalitas," pesannya.


Ketua Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Warureja Ratikno mengatakan, PKD digelar untuk membekali calon anggota GP Ansor agar menjadi kader militan, setia, dan loyal. "Kader Ansor harus siap ditempatkan kapan dan di mana saja. Kader juga harus siap bergerak dan menjalankan perintah," tegasnya.


Menurutnya, Gerakan Pemuda Ansor adalah garda terdepan Nahdlatul Ulama (NU). Oleh karena itu, Ansor Banser harus siap siaga kapanpun ada tugas, siap melaksanakan. "Ansor Banser harus siap mengemban tugas organisasi," ucapnya


​​​​​​​
 

Ketua Panitia PKD Warureja Untung Slamet kepada NU Online Jateng, Senin (31/1) menjelaskan, PKD Ansor Warureja digelar selama tiga hari di MI Nurul Ulum Dukuh Banjarsari, Desa Banjarturi, Kecamatan Warureja. 


"PKD Ansor Warureja mengusung tema 'Kader Militan, Kader Loyal, Siap Bergerak'. Semoga akan menghasilkan kader militan yang diakui santrinya mbah Hasyim Asyari," harapnya.


Data yang dihimpun, PKD Ansor Warureja diikuti 87 peserta yang berasal dari PR GP Ansor se-Kecamatan Warureja, PAC Kramat, PAC Suradadi, PAC Bojong, PAC Margasari, PAC Dukuhwaru, dan Kabupaten Pemalang. 


"Dari 87 peserta yang mengikkuti, ada 84 peserta dinyatakan lulus dan 3 peserta dinyatakan tidak lulus," pungkas untung.


Kontributor: Nurkhasan
Editor: M Ngisom Al-Barony
 


Regional Terbaru