• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Dinamika

Gelar Diklatsar, Ansor Jatinegara Tegal Lakukan Seleksi Calon Peserta

Gelar Diklatsar, Ansor Jatinegara Tegal Lakukan Seleksi Calon Peserta
Kegiatan pra Diklatsar PAC GP Ansor Jatinegara Kabupaten Tegal (Foto: NU Online Jateng/Tahmid)
Kegiatan pra Diklatsar PAC GP Ansor Jatinegara Kabupaten Tegal (Foto: NU Online Jateng/Tahmid)

Tegal, NU Online Jateng
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal melaksanakan screening atau penyaringan calon peserta Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser di Gedung MWCNU Jatinegara, Ahad (9/1).


"Setelah pelantikan PAC GP Ansor dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan penyelenggaraan Diklatsar Banser di lapangan Desa Gantungan," ujar Ketua Panitia Diklatsar Banser Jatinegara Muhammad Wari.


Dikatakan, meskipun penyelenggaraan Diklatsar tersebut baru akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Januari 2022, namun tahapannya sudah harus dilakukan mulai dari H-5 hari sebelum pelaksanaan Diklatsar. Tahapan tersebut berupa screening atau penyaringan calon peserta.


"Pelaksanaan penyaringan calon peserta Diklatsar pada Ahad (9/1) di Gedung MWCNU Jatinegara mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Hadir sebanyak 54 orang," terangnya.


Kepada NU Online Jateng,  Selasa (11/1) Wari menjelaskan bahwa dalam proses screening, calon peserta melewati beberapa rangkaian tes “Seluruh calon peserta Diklatsar Banser harus melewati seluruh rangkaian penyaringan yang ditentukan oleh Instruktur Satkorcab Banser Kabupaten Tegal. 


"Tahapan tersebut meliputi pemberkasan, tes tertulis, tes ideologi kebangsaan, tes praktik baris berbaris (PBB), dan tes keagamaan," ucapnya. 


Tahapan ini dilakukan agar GP Ansor dalam melakukan rekrutmen menemukan kader yang memiliki kesamaan dalam 5 variabel. Yaitu kesamaan dalam ideologi, kesamaan dalam fikrah, kesamaan dalam amaliah, kesamaan dalam harakah, dan kesamaan dalam jamiyah.


“Hasil dari penyaringan calon peserta ini menjadi dasar bagi PAC GP Ansor untuk menentukan calon peserta yang berhak mengikuti tahapan selanjutnya menjadi peserta Diklatsar Banser," ungkapnya.


Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Banser Jatinegara Tegal Joko Waluyo mengatakan, screening yang dilakukan merupakan persyaratan wajib sebelum masuk ke materi Diklatsar. 


"Diklatsar merupakan jenjang awal sebagai Banser. Tak jarang latihan fisik dilakukan dengan keras, juga screening Diklatsar Banser ke 2 dan tes kesehatan, maka kesehatan juga menjadi prasyarat yang harus dipenuhi," pungkasnya. 


Kontributor: Tahmid
Editor: M Ngisom Al-Barony


Dinamika Terbaru